Peluncuran Program Aplikasi ALDITA untuk Para Mahasiswa

Pada acara Jabat Erat Indonesia 2016 yang diselenggarakan oleh PPI Groningen pada tanggal 20 Februari 2016, Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Bapak I Gusti Agung Wesaka Puja telah meresmikan peluncuran Aldita (Aplikasi Lapor Diri Kita), yang merupakan produk layanan baru dari KBRI Den Haag, yaitu untuk keperluan pelaporan diri, baik untuk kedatangan, pemutakhiran data, maupun kepulangan.
 
Peluncuran secara resmi oleh Duta Besar, dilaksanakan secara simbolis dengan melakukan sign-in pada aplikasi Aldita, yang menandai dapat dimulainya pengisian data oleh para mahasiswa. Dengan aplikasi Aldita yang dapat diunduh baik melalui perangkat berbasis Android maupun IOS, maka setiap mahasiswa tidak perlu lagi mengisi formulir lapor diri secara manual sebagaimana selama ini dilakukan, dan dapat melakukan pemutakhiran data secara online dan langsung terhubung dengan sistem basis data di KBRI Den Haag. Di samping itu, setiap mahasiswa yang sudah sign-in dan memiliki akun Aldita, akan mendapatkan pesan pengingat terkait akan habisnya masa/ijin tinggal di Belanda, serta berita/informasi penting dari KBRI Den Haag.
 
Untuk sementara waktu, Aldita masih terbatas untuk para mahasiswa, dengan butir-butir isian data yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Belanda. Selanjutnya, Aldita akan dikembangkan lebih lanjut untuk dapat dimanfaatkan bagi pelaporan diri oleh masyarakat Indonesia yang lain.​