Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Info Pemilu 2014     |       Selamat datang di website KBRI     |       Kunjungi Website Portal Kemlu     |       

Profil Negara dan Kerjasama

Belanda

SELAYANG PANDANG NEGERI KINCIR ANGIN

 
  1. Kepala Negara : Ratu Beatrix
  2. Kepala Permerintahan: Perdana Menteri
  3. Ibukota: Amsterdam
  4. Kota Pemerintahan: Den Haag
  5. Luas Wilayah: 41.526 km2
  6. Wilayah Di bawah Permukaan Laut: 24 %
  7. Jumlah Populasi: 16.7 juta
  8. Jumlah Populasi WNI: 17.217
  9. GDP: € 448 milyar
  10. Per Kapita GDP: € 27.700
 
 
Sistem Pemerintahan

Belanda menganut bentuk pemerintahan monarki konstitusional dengan sistem parlementer; pembagian kekuasaan antara Ratu dan institusi pemerintahan lainnya diatur oleh undang-undang.Parlemen Belanda terdiri dari Eerste Kamer dengan 75 anggota yang dipilih oleh dewan propinsi, dan Tweede Kamer dengan 150 anggota yang dipilih langsung oleh rakyat. Partai politik utama Belanda terdiri dari CDA (Kristen Demokrat), PvdA (Buruh), dan VVD (Liberal).
 
Desentralisasi kekuasaan Pemerintah Pusat diatur secara jelas dalam konstitusi: prosedur pembentukan, penggabungan dan pembubaran pemerintah daerah; Batas-Batas kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah; struktur Pemerintah Daerah; sistem pengawasan otonomi. Konstitusi Belanda tidak memberikan batasan yang rinci mengenai kekuasaan pemerintahan yang dilimpahkan ke daerah. Namun, Konstitusi tersebut menetapkan secara eksplisit masalah-masalah yang menjadi kewenangan pemerintah Pusat, yaitu, masalah pertahanan, hubungan luar negeri (termasuk pembuatan perjanjian), keuangan, peradilan, serta pengaturan hukum perdata dan pidana. 
 
 
Karakteristik 12 Propinsi di Belanda
  1. Utrecht, ibukota Propinsi Utrecht, memiliki suatu gereja abad 14 dengan menara tinggi disebut "Dom Tower". Penyelesaian bangunan ini memerlukan waktu 61 tahun.
  2. Middelburg, ibukota Propinsi Zeeland, juga memiliki Gereja yang besar dan tinggi disebut "Lange Jan" (Dig John).
  3. Den Haag, ibukota Propinsi Zuid-Holland, disebut "ibukota hukum dunia".
  4. Drente, (ibukotanya: Assen) dinamakan daerah "Bartje", nama seorang anak laki-laki dari keluarga petani miskin yang sehari-harinya hanya makan buncis. Di sana ada patung bernama Bartje dan jika dimasukan koin, maka akan terdengar lagu merdu dari musik organ.
  5. Kota Alkmaar (Propinsi Noord-Holland, ibukota: Harlem) adalah tempat pasar keju dimana para produsen dan pembeli keju di masa Ialu melakukan transaksi yang sekarang diperagakan untuk para wisatawan.
  6. Setiap tanggal 5 Mei di Belanda diperingati sebagai hari pembebasan. Hotel De Wereld di kota Wageningen, (Propinsi Gelderland, ibukota: Arnhem) adalah tempat perjanjian damai yang ditandatangani oleh Belanda-Jerman.
  7. Propinsi Friesland (ibukota: Leeuwarden) memiliki pulau-pulau kecil (Wadden islands), bernama Ameland, Vlieland, Terschelling dan Schiermonnikoog. Setiap pulau, masing-masing memiliki mercu suar yang bentuknya berbeda, sehingga setiap kapal yang berlayar di daerah itu mengetahui pulau apa yang mereka lalui.
  8. Propinsi Flevoland (ibukota: Lelystad), propinsi baru di Belanda, terkenal dengan perpustakaan yang berbentuk seperti kotak buku.
  9. Di kota Helmond, (Propinsi Noord-Brabant, ibukota: Den Bosch) terdapat rumah-rumah unik disebut "Cubical Houses".
  10. Dekat pantai Groningen (Propinsi Groningen, ibukota: Groningen), terdapat tempat produksi gas bawah laut, yang digunakan a.l untuk memasak.
  11. Propinsi Limburg (ibukota: Maastricht) adalah daerah tempat tinggal para petani selama ratusan tahun. Salah satu bukti adalah bangunan pertanian tua "House Ter Borg" abaci 17 di Schinnen].
  12. Propinsi Overijssel (ibukota: Zwolle), tempat-tempat bekas penggilingan dan pekerjanya menggunakan sepatu kayu. Sampai saat ini para pekerja di pertanian dan perkebunan masih mempergunakannya.

 

 

Organisasi Internasional

Belanda adalah pusat dari bagi beberapa organisasi internasional, antara lain International Court of Justice, International Criminal Court, International Tribunal for Yugoslavia, dan Organization for the Prohibition of Chemical Weapons.

 

 

International Court of Justice (ICJ)

Mahkamah ini menyelesaikan kasus antar negara. sebagian besar kasus yang ditanganinya sejak didirikannya pada tahun 1946, berkaitan dengan konflik perbatasan. Salah satunya adalah kasus Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan antara Indonesia dan Malaysia, yang diputuskan oleh ICJ pada tanggal 17 Desember 2002. Mahkamah Internasional terdiri dari 15 hakim yang dipilih oleh Sidang Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan PBB. Ke-15 hakim tersebut, yang terdiri dari negara¬-negara yang berbeda, bersifat independen dan tidak mewakili negaranya. 

 

 

International Criminal Court (ICC)

ICC menangani kasus pidana yang tergolong sebagai tindakan pemusnahan suatu bangsa (genocide), dan kejahatan perang yang melanggar HAM. PBB mengadopsi Konvensi tentang Pembentukan ICC tahun 1996. ICC baru akan beroperasi setelah Konvensi tersebut diratifikasi oleh 60 negara.

 

 

International Court Tribunal for Yugoslavia

ICTY didirikan oleh Dewan Keamanan PBB tahun 1993. Fungsinya antara lain adalah mengadili para tersangka yang dituduh melakukan pelanggaran HAM di Yugoslavia, dan membantu proses perdamaian dengan mempromosikan rekonsiliasi di negara tersebut.

 

 

Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW)

Didirikan pada tahun 1997 oleh negara-negara yang menjadi pihak Konvensi tentang Pelarangan Senjata Kimia dan bertujuan untuk mengafektifkan pelaksanaan Konvensi tersebut.

 

 

Universitas

 

Universitas-universitas di Belanda a.l. adalah:

  1. Leiden University (http://www.leidenuniv.nl)
  2. University of Groningen (http://www.rug.nl)
  3. Utrecht University (http://www.uu.nl)
  4. Eindhoven University of Technology Teknik (http://w3.tue.nl)
  5. University of Twente (http://www.utwente.nl)
  6. Wageningen Agricultural University (http://www.wageningenuniversiteit.nl)
  7. Delft University Technology (http://www.tudelft.nl/)
  8. Erasmus University Rotterdam (http://www.eur.nl)
  9. Maastricht University (http://www.unimaas.nl)
  10. University of Amsterdam (http://www.uva.nl)
 
 
Media Belanda
 
Lima surat kabar terbesar Belanda adalah:
  1. Algemeen Dagblad (http://www.ad.nl/)
  2. NRC Handelsblad (http://www.nrc.nl/)
 
Televisi/radio Belanda sudah berjalan sejak tahun 1920-an, dengan asosiasi-asosiasi siaran:
  1. Algemeen Vereniging Radio Omroep/AVRP
  2. Nederlandse Christelijke Radio Vereniging/NCRC
  3. Vereniging Arbeider Radio Amateur/VARA
  4. Katholieke Radio 'Omroep/KRO
  5. Televisie Radio Omroep/VPRO
  6. EO

Belanda memiliki tiga saluran tv nasional dan setidak-tidaknya 6 saluran swasta.
 
 
Transportasi umum
Transportasi umum di Belanda sangat nyaman, dan pada umumnya berjalan tepat waktu. Jadwal kedatangan dan rute bus/trem dapat dilihat di setiap halte atau secara online di http://htm.nl atau http://9292ov.nl, sementara jadwal keberangkatan kereta terdapat di stasiun, atau telepon 0900 2021163, http://ns.nl/binneriland/inclex.cgi.
 
Selain di stasiun kereta, tiket bus/trem/metro yang dinamakan strippenkaart, dapat dibeli di kantor pos, berbagai toko buku, dan toko HTM yang khusus menjual tiket kereta/bus/trem/metro, serta memberikan informasi mengenai harga tiket clan jadwal transportasi umum Belanda. Tiket untuk bus dan trem juga dapat dibeli dari pengemudi bus/trem. Strippenkaart (seharga €12,00 dan €21,00) dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan, tergantung pada jarak/zone yang ditempuh. Satu perjalanan memakan satu strip, ditambah jumlah zone yang dilalui.
 
Sebagai contoh, perjalanan melalui dua zone akan memakan tiga strip (satu untuk perjalanannya, ditambah dua zone). Dengan demikian, strippenkaart diberi cap pada strip ke-3, dan dua strip diatasnya dibiarkan kosong.
 
Untuk memudahkan para wisatawan asing, tersedia sistem one-day pass, dengan harga potongan khusus bagi anak-anak, para manula, dan juga anjing peliharaan. Selain kereta, bus, trem, dan metro, juga terdapat taxi (mobil mercedes dengan plat biru), yang menerima penumpang atas pesanan telepon (untuk Den Haag: 070 31 78 877 atau 39 07 722), atau di tempat-tempat yang telah dialokasikan khusus untuk taxi, dan tidak dapat diberhentikan di jalanan. Salah satu tempat sewa mobil adalah perusahaan AVIS di Den Haag, telepon 0900-BEL AVIS (235 2847) (€0,10 p/m)
 
 
Pusat Pertokoan
Daerah pusat pertokoan di setiap kota dinamakan centrum. Pada umumnya toko-toko buka antara jam 09.00 o/d jam 17.00 atau 18.00 dari hari Senin s/d Sabtu. Pada hari Minggu, toko-toko buka dari jam 12.00 s/d jam 17.00/18.00. pada waktu koopavond atau late-night shopping (di beberapa kota jatuh setiap hari Kamis), toko-toko tutup jam 20.00 atau 21.00.
 
Selain pusat pertokoan tersebut, Belanda juga dikenal dengan pasar-pasar murah (vlooienmarkt) yang terdapat di berbagai lokasi pada hari-hari tertentu. Barang-barang yang dijual terdiri dari barang baru dan bekas yang masih dalam kondisi balk. Salah satu daya tarik VM ini adalah para pembeli diperbolehkan untuk menawar. Bagi para kolektor barang-barang unik seperti mesin tik manual, jam antik, dll. VM merupakan tempat tujuan yang menarik untuk menghabiskan waktu luang.
 
Pengunjung non-UE yang berbelanja di toko-toko yang memasang lambang "Global Refund TAX FREE SHOPPING" dapat memperoleh kembali potongan pajak pembelian barang sebesar 19%. (15,97% setelah dipotong biaya administrasi) dari harga pembelian di atas €137, dengan ketentuan pembelian tersebut dilakukan dalam satu hari, satu toko, dan barang-barang tersebut diekspor dalam waktu 3 (tiga) bulan. Pengambilan refund tersebut dilakukan Kantor Global Cash Refund di Terminal 3 bandana Schiphol sebelum check in, dengan memperlihatkan barang-barang pembelian, bon pembelian, paspor, tiket, dan cek global refund.
 
 
Tempat-Tempat Menarik
 
Madurodam
Kota terkecil di negeri Belanda, taman miniatur ini dibuka tahun 1952.
Alamat: George Macluroplein 1, Den Haag
Tel: 070 4162400
www.madurodam.nl
 
Volendam
Volendam adalah kota pantai di dekat Amsterdam yang dikenal oleh wisatawan Indonesia sebagai tempat berfoto dengan memakai pakaian Belanda.
 
Delft
Kota Delft dikenal karna  porselen asal Delft yang khas berwarna biru-putih, dan suasana kotanya yang diwarnai dengan kanal-kanal, dan gedung-gedung abad ke-17 yang menarik dan masih terpelihara dengan baik.
Alamat kantor pariwisata Delft: Markt 85, Delft
Tel: 015 212 6100
www.delft.nl

Delfshaven/Port of Rotterdam
Pelabuhan Delfshaven adalah tempat keberangkatan para nenek moyang Belanda (pilgrims) yang pada tahun 1620 meninggalkan Eropa (Old World) menuju benua Amerika (New World), karena tidak dapat mempraktekkan agamanya secara bebas.
Alamat: Delfshaven/Spido Landing Stage, Rotterdam
Tel.: 010 4135400
www.delfshaven.com
 
Keukenhof
Kebun bunga Keukenhof buka setiap tahun dan bulan Maret s/d Juni. Di taman ini terdapat lebih dari 7 juta bunga yang ditanam oleh petani-petani bunga terbesar Belanda.
Alamat: Stationsweg 116a, Lisse
Tel.: 0252 465 555
www.keukenhof.nl

Museum Van Gogh
Museum Van Gogh, salah satu atraksi utama kota Amsterdam, memaparkan gambar/lukisan karya Van Gogh dari awal sampai akhir masanya sebagai pelukis, yang diantaranya berasal dari koleksi adiknya Theodore Van Gogh
Alamat:  Paulus Potterstraat 7, Amsterdam
Tel:020 570 5200
www.vangoghmuseum.nl
 
Tropen Museum
Adalah museum antropologi terbesar di Amsterdam yang merupakan bagian dari Koninklijk Instituut vor de Tropen (KIT). Museum ini dibuka secara resmi pada tanggal 9 Oktober 1926 oleh Ratu Wilhelmina. Banyak koleksi museum ini adalah merupakan kumpulan koleksi dari Kolonial Museum Haarlem (yang didirikan pada tahun 1864) dan Etnograhische Museum Artis Amsterdam. Banyak pula koleksi mengenai etnografi dan produk dari daerah tropis seperti tekstil yang berasal dari Indonesia dan benda/obyek dari New Guine dan suriname
Alamat:   Linnaeusstraat 2 - 1092 CK - Amsterdam
Tel: 020 - 568 8200
www.tropenmuseum.nl
 
Rumah Anne Frank
Rumah di mana Anne Frank, seorang gadis Jahudi dan keluarganya tersembunyi dalam kamar kecil di loteng rumah dari tahun 1942 s/d 1944 pada masa penjajahan Jerman/Nazi, sekarang dijadikan museum yang memperlihatkan kondisi kehidupan keluarga Frank pada waktu itu.
Alamat:  Prinsengracht 263, Amsterdam
Tel: 020 556 7100
www.annefrank.nl
 
Kinderdijk
Tempat ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site dengan 19 bangunan kincir angin kuno di pinggir kanal. Alamat: Sungai Lek (dekat kota Rotterdam)
Tel.: 078 693 0925
www.kinderdijk.nl
 
Taman Nasional Biesbosch
Taman ini dibangun tahun 1421 pada waktu banjir yang disebut dengan nama St. Elisabeth menghanyutkan sebanyak 16 desa sehingga daerah yang sebelumnya digunakan untuk pertanian, tergenang air.
Alamat: Dekat kota Dordrech
Tel: 078 630 5353 (Biesbosch Information Centre)
www.biesbosch.org
 
Planetarium Franeker
Planetarium Franeker dibangun oleh seorang ilmuwan amatir, Else Eisinga, pada tahun 1774., Flanetariun clan peralatannya dianggap unik karena masih berfungsi dengan baik setelah lebih dari 200 tahun.
Alamat: Else Eisingastraat 3, Franeker
Tel.: 0517 393070
www.planetarium-friesland.nl
 
Istana Het Loo
Istana ini, merupakan tempat peristirahatan keluarga raja pada musim panas dari tahun 1686 s/d 1975, sekarang dijadikan museum yang memperlihatkan kehidupan keluarga kerajaan selama 3 abad
Alamat: Koninklijk Park 1, Apeldoorn
Tel.: 055 577 2400
www.paleis.hetloo.nl
 
Noorbeek
Noorbeek adalah desa kecil yang terletak di suatu lembah dengan pemandangan yang cantik, dan sangat populer di kalangan pendaki Belanda.
Alamat: Dekat kota Maastricht
Tel.: 043 525 2121
www.noorbeek.nl
 
Desa-desa lain yang menarik adalah Sloten dan Hindeloopen di Friesland, Giethoorn dan Staphorst di Overijssel, clan Bronkhorst di Gelderland.
 
Visa Schengen
Visa Schengen dari Kedutaan Besar/Konsulat Belanda di Indonesia dapat dipergunakan untuk perjalanan ke seluruh negara Schengen.

Visa Kunjungan Ke Negara Lain
Jika ingin berkunjung ke negara-negara diluar Perjanjian Schengen, seperti AS, Inggris, Switzerland, sebelum meninggalkan Indonesia harus memperoleh visa dari Kedutaan Besar yang bersangkutan di Jakarta, karena tidak dapat dilakukan di Belanda.
 
Tindak Kejahatan di Belanda
Tingkat kejahatan di Belanda cukup tinggi. Selain pencopetan, penodongan, pencurian, juga penipuan berkedok petugas (polisi). Untuk menipu korbannya, mereka memperlihatkan sepintas lalu atribut Polisi (palsu). Bila penipuan terjadi, agar hubungi Polisi (tel: 112).
 
Kebersihan
Belanda sangat rnemelihara kebersihan lingkungan. Pelanggaran atas kebersihan (buang sampah dan buang air) tidak pada tempatnya termasuk tindak kejahatan
 

Berbagai Makanan Khas Belanda

  1. Erwten Soup (sup kacang polong)
  2. Ikan mentah haring
  3. Sosis & kentang goreng (patat frites)
  4. Aneka ragam keju
  5. Pannekoek clan poffertjes
 
Alamat/No Telepon Penting
  1. ABN-Amro Bank (Den Haag) Tel: 0900 0024. Situs: www.abnamro.nl
  2. Fortis Bank (Den Haag) Tel: 070 363 0942. Situs: www.fortis.com
  3. Rabo Bank (Den Haag) Tel: 070 348 888. Situs: www.rabobank.com
  4. Polisi, Ambulans, Brandweer Telp: 112. Polisi: 0900 8844
  5. KBRI Den Haag
    Tobias Asserlaan 5, 2517 KC Den Haag Tel.: 070 310 8100 Fax: 070 364 3331

 

GWK (Grenswissel Kantoren NV)

Untuk keperluan penukaran/pengiriman uang, dapat dilakukan di Bank GWK ini, yang ada di setiar stasiun kereta api, atau di perbatasan kota Belanda.

Alamat: Stationplein 50, 2515 BW Den Haag, Telp: 0900 0566



Gedung KBRI Den Haag


www.indonesia.nl

Pemilu 2014


Indonesian Film Directory


Orang Utan

next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan