Tim Tenis Piala Davis Indonesia Unggul atas Iran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Piala Davis Indonesia yang berada dalam Grup II Asia/Oceania dalam putaran pertama bertemu dengan Tim Iran, pertandingan dilaksanakan di Tehran tanggal 4-6 Maret 2011. Tim Indonesia terdiri dari Christopher B. Rungkat, Sunu W. Trijati dan Aditya H. Sasongko yang didampingi official Bonit Wirjawan dan Surya Wijaya. Sementara Alexander E. Sie yang sebelumnya masuk dalam daftar pemain tidak dapat ikut serta dengan pertimbangan kesehatan.
 
Pertandingan awalnya direncanakan dilaksanakan di lapangan outdoor di Enghelab Sport Complex Tehran, namun dikarenakan cuaca dingin dan turun salju, pertandingan kemudian dipindahkan ke lapangan indoor di Shiroodi Sport Complex Tehran.
 
Partai pertama berlangsung dengan sangat seru, Sunu turun sebagai tunggal pertama melawan Anoosha Shahgholi. Walau di set terakhir Sunu yang cidera pergelangan kakinya sempat memimpin, namun Sunu belum berhasil menaklukan pemain urutan pertama Iran tersebut dan kalah 2-3 dengan score 6-3, 6-4, 2-6, 4-6, 7-5.
 
Di partai kedua, Christopher tampil memukau seluruh masyarakat Indonesia yang hadir dan berhasil menundukkan Shahin Khaledan dalam tiga set langsung dengan score 7-6, 6-1, 6-3. Sehingga pertandingan hari pertama berakhir dengan kedudukan sementara 1-1.
 
Di hari kedua Kapten Tim Davis Indonesia, Bonit Wirjawan, kembali menurunkan Sunu dan Christopher yang kali ini bermain dalam partai ganda. Seakan ingin menebus kekalahan yang dialami di hari pertama, Sunu yang telah pulih dari cideranya bermain dengan lepas dan kompak bersama Christopher. Pasangan Sunu-Christopher tanpa kesulitan berarti mengalahkan pasangan Iran (Anoosha dan Omid Souri) dengan tiga set langsung (6-3, 6-1, 7-5) sehingga Indonesia unggul 2-1.
 
Di hari terakhir, Christopher kembali turun di partai tunggal melawan Mohsen H. Zade yang merupakan pemain nomor dua Iran. Mengikuti keberhasilan di pertandingan hari sebelumnya, Christopher kembali mengalahkan pemain Iran dalam permainan tiga set dengan score 6-3, 6-3, 6-0. Keberhasilan Christopher ini membukukan kemenangan 3-1 Tim Davis Indonesia atas Tim Iran.
 
Kemenangan Indonesia disambut gembira seluruh masyarakat Indonesia di Shiroodi Sport Complex. Sebagai apresiasi kepada supporter Indonesia, para pemain dan official Indonesia mengitari lapangan sambil mengibarkan bendera merah putih dan memberikan penghormatan kepada masyarakat Indonesia yang hadir.
 
Temperatur Tehran yang berkisar 5-10C selama tiga hari pertandingan, tidak mengurangi semangat Tim Davis dan supporter Indonesia. Duta Besar RI beserta Ibu Malinar Wiranataatmadja, staf KBRI Tehran dan segenap masyarakat Indonesia yang ada di Iran ikut menyaksikan dan memberikan semangat kepada Tim Indonesia. Jumlah yang tidak sebanding dengan supporter tuan rumah juga tidak sedikitpun mengecilkan hati supporter Indonesia yang terus memberikan dukungan semangat kepada Tim Indonesia dengan meneriakkan yel-yel diiringi tiupan terompet dan tabuhan genderang.
 
Sementara itu dalam partai terakhir yang tidak mempengaruhi hasil akhir, dipertandingkan partai tunggal antara Aditya dan Shahin. Dalam pertandingan yang hanya dilakukan dalam tiga set tersebut Aditya harus mengakui keunggulan Shahin (1-2) dengan score 1-6, 7-6, 3-6.
 
Foto-foto lainnya