Partisipasi Delri dalam Pertemuan Kelima 2nd Bureau of Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development (APMCHUD)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertemuan ke-5 2nd Bureau of Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development (APMCHUD) telah diselenggarakan di Tehran tanggal 23 Februari 2010. Pertemuan dipimpin Menteri Perumahan Iran dan dihadiri Menteri Perumahan India, Menteri Perumahan Pakistan serta wakil dari Cina, Indonesia dan UN Habitat. Sementara Qatar dan Armenia tidak mengirimkan wakilnya.

 

Delegasi RI dipimpin Kemal T. Mertohadidjojo, Staf Khusus Menpera, dan beranggotakan Hadi Sucahyono (Kasubdit pada Kementerian PU), Lana Winayanti (Kasubdit pada Kemenpera) serta Fauzi Bustami (Counsellor Ekonomi KBRI Tehran).

 

Pertemuan membahas beberapa agenda yaitu (1) pengesahaan Minutes of the 4th meeting of the 2nd Bureau of the Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development (APMCHUD) yang diselenggarakan di Jakarta tangal 6 Agustus 2009; (2) Action Taken Report atas keputusan-keputusan dari pertemuan ke-4; (3) Review persiapan Konferensi Tingkat Menteri APMCHUD ke-3 yang akan diselenggarakan di Solo, Indonesia, tanggal 22-24 Juni 2010; (4) pembahasan proposal partisipasi dalam kegiatan World Urban Forum yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil, pada tanggal 22-26 Maret 2010; (5) pembentukan Sub-regional Slum Upgrading Working Groups sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Aksi untuk Kerjasama Regional untuk mempromosikan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan di antara negara-negara sub-regional Asia Pasifik; dan beberapa hal lainnya.

 

Dalam laporan RI tentang persiapan the 3rd Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development di Solo disampaikan gambaran umum mengenai kota Solo, tema konferensi, tanggal dan tempat penyelenggaraan konferensi, perjalanan dan akomodasi serta bahan promosi yang akan digunakan. Tema Konferensi Tingkat Menteri APMCHUD ke-3 di Solo adalah Empowering Communities for Sustainable Urbanization yang berfokus pada penguatan kapasitas lokal untuk beradaptasi dengan perubahan iklim dan pembangunan perekonomian lokal.

 

RI juga menyampaikan bahwa untuk KTM APMCHUD ke-3 di Solo, Pemri telah membentuk National Organizing Committee yang beranggotakan berbagai instansi terkait dan terdiri dari Steering Committee, dipimpin oleh Menko Kesra, Executing Committee, Menpera (Ketua), dan Secretariat oleh Sekretariat Nasional Habitat Indonesia. Delegasi Indonesia menerima sambutan yang baik dan apresiasi atas presentasi dalam mempersiapkan KTM APMCHUD ke-3.