Kartini Petualang Datang untuk Menaklukan Gunung Tertinggi di Iran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Pendaki Gunung Wanita Indonesia yang terdiri dari Elyta Gultom, Amanah, Endang Nugraheni, Sri Bimastuti dan Cecilia E. Yasfitha beserta dua orang pendamping Bagus Setiardja dan Dadang M. Rizal tiba di Tehran tanggal 16 Mei 2011. Kelima Kartini Petualang datang ke Iran untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Damavand, 80km dari Tehran, yang merupakan gunung tertinggi di Iran (5.671m). Pendakian ini juga sekaligus menandakan dimulainya rangkaian Ekspedisi 555.

 

Tim Kartini Petualang terdiri dari lima orang Ibu pencinta mountaineering yang berencana melakukan pendakian lima gunung di lima benua. Ekspedisi ini dilakukan untuk memberikan inspirasi bagi wanita-wanita usia pertengahan bahwa usia dan jenis kelamin tidak menghalangi peraihan suatu mimpi, di samping itu misi ini juga diisi dengan kegiatan penyelamatan lingkungan, sosial dan budaya.

 

Setelah Damavand, Ekspedisi 555 akan diikuti dengan pendakian Gunung Rainier (4.800m) di Amerika, Gunung Kazbek (5.047m) di Eropa, Gunung Kilimanjaro (5.895m) di  Afrika dan Gunung Cartenz (4.884m) di Australiasia yang akan dilakukan dalam waktu tiga tahun.

 

Sesaat setelah ditemui KBRI Tehran di Imam Khomeini international airport, Tim Kartini Petualang melanjutkan perjalanan ke camp 1 (Polour) untuk melakukan aklimatisasi dan persiapan pendakian yang dimulai tanggal 17 Mei 2011. Direncanakan kelima Kartini Petualang akan mencapai puncak Gunung Damavand tanggal 19 atau 20 Mei 2011 di mana saat itu cuaca diperkirakan berkisar -11 hingga -3°C dan bersalju.

 

Diharapkan seluruh bangsa Indonesia dapat mendoakan kelancaran hingga Tim Kartini Petualang berhasil menancapkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Damavand dan kembali ke tanah air dengan selamat, Amin.