Indonesia Raya berkumandang di the 21st Fajr International Badminton Challenge

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Atlet Indonesia, Tommy Sugiarto, berhasil meraih medali emas untuk kategori tunggal putra dalam the 21st Fajr International Badminton Challenge yang diikuti sekitar 150 atlet dari 29 negara. Turnamen ini diselenggarakan tanggal 16-19 Februari 2011 di Tehran dalam rangka memperingati hari Revolusi Islam Iran ke-32.

 

Di partai final, Tommy yang menempati unggulan pertama mengalahkan Wong Ziliang Derek dari Singapura melalui permainan rubber set dengan score 21-17, 17-21, 21-13. Dalam babak-babak sebelumnya anak kedua dari atlet badminton papan atas Indonesia di era 80-an, Icuk Sugiarto, ini menyisihkan lawan-lawannya dari Perancis, Jerman, Iran dan Singapura.

 

Sejak babak awal, sejumlah masyarakat Indonesia selalu mendampingi dan menyaksikan setiap pertandingan yang dilalui Tommy untuk memberikan dukungan semangat. Tommy merupakan satu-satunya atlet Indonesia yang berlaga dalam kejuaraan ini, sementara dua atlet Indonesia lainnya yang direncanakan mengikuti kategori ganda putra membatalkan keikutsertaannya di saat-saat terakhir.

 

Saat upacara penyerahan medali, dilakukan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia, di mana seluruh masyarakat Indonesia yang berada di hall Federasi Badminton Iran ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

 

Hasil akhir perolehan medali emas, perak dan perunggu (tidak dipertandingkan) ditempati Indonesia, Singapura, Singapura & Malaysia (tunggal putra); Malaysia, Malaysia, Iran & Bahrain (ganda putra); Kanada, India, Yunani & Turki (tunggal putri); dan Sri Lanka, Kanada, Iran & Turki (ganda putri).