Food and Charity Bazaar untuk Bencana Wasior di Papua, Tsunami di Kepulauan Mentawai dan Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Di paruh akhir tahun 2010, masyarakat Indonesia mendapat ujian melalui serangkaian bencana alam yang terjadi di Indonesia yaitu banjir Wasior di Papua, gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai serta letusan Gunung Merapi di Yogyakarta.

 

Berkenaan dengan itu, sebagai bentuk kepedulian, solidaritas dan keinginan untuk meringankan penderitaan saudara-saudara di tanah air yang terkena dampak bencana, di tengah-tengah ketatnya peraturan Pemerintah Iran atas kegiatan Kedubes Asing yang melibatkan masyarakat Iran, DWP KBRI Tehran bekerjasama dengan KBRI Tehran, Ikatan Pelajar Indonesia (IPI), Diplomatic Ladies Association negara-negara ASEAN, China dan Jepang telah menyelenggarakan “Food and Handicraft Charity Bazaar: for the Victims of Merapi, Tsunami and Wasior” pada tanggal 3 Desember 2010 di Wisma Duta guna menghimpun dana bagi para korban bencana alam di Indonesia.

 

Dalam kata sambutannya, selain memberikan gambaran mengenai dampak ketiga bencana alam di Indonesia serta upaya rekonstruksi dan rehabilitasi Pemerintah Indonesia, Duta Besar RI Tehran juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif seluruh pihak yang menunjukkan kepedulian terhadap para korban di Indonesia.

 

Bazar yang dihadiri komunitas masyarakat asing dan umum di Tehran dibuka secara resmi melalui pengguntingan pita bersama oleh Istri-istri Duta Besar Indonesia (Ibu Malinar Wiranataatmadja), Brunei Darussalam (Ibu Hamidah Harris), Malaysia (Ibu Jakkiah Kethergany), China (Ibu Pan Nihua) serta perwakilan Ladies Association Kedubes Filipina, Thailand dan Jepang.

 

Dalam charity bazaar tersebut ikut berpartisipasi stand Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, China dan Jepang dengan menjual makanan dan handicraft khas negara masing-masing. Selain itu juga dilakukan pelelangan barang-barang yang merupakan sumbangan sejumlah pihak serta penampilan tarian tradisional Indonesia dan video mengenai Papua, Kepulauan Mentawai dan Yogyakarta sebelum dan pasca bencana alam untuk memberikan gambaran mengenai dampak bencana alam yang terjadi.

                                    

Tampak jelas antusiasme untuk membantu para korban bencana alam di Indonesia yang antara lain terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi stand-stand yang ada dan partisipasi mereka dalam kegiatan lelang. Dalam kesempatan tersebut ASEAN Ladies Circle (ALC) dan komunitas masyarakat Thailand dan Jepang di Tehran juga menyampaikan bantuan dana untuk para korban bencana.

 

Seluruh dana yang terhimpun dari penjualan tiket, makanan/minuman, kegiatan lelang serta sumbangan dalam charity bazaar tersebut akan disampaikan dalam bentuk donasi yang diharapkan dapat meringankan masyarakat Indonesia yang terkena dampak ketiga bencana alam di tanah air.