KADIN Indonesia Kembali Bertandang ke Negeri Persia

10/15/2014

 

?

(Tehran, 13 Oktober 2014): Kerjasama erat kembali terjalin antara KBRI Tehran dengan KADIN Indonesia dan Iran Chamber of Commerce, Industries, Mines and Agriculture (ICCIMA). Kolaborasi kali ini pun akhirnya berhasil merealisasikan sebuah kunjungan muhibah bisnis dari sekitar 20 orang pengusaha Indonesia ke 2 kota besar Iran yaitu Tehran dan Esfahan.

 

Rangkaian kegiatan kunjungan diawali dengan partisipasi aktif delegasi pada The 1st International Benchmarking Conference, Muslims Excellence Corporations Award (MEC) Award pada 11 Oktober 2014. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Iran’s Benchmarking Network (IRBN) bekerjasama dengan Global Benchmarking Network tersebut sedikit banyak telah memberikan informasi dan pemahaman dalam upaya dunia usaha efisiensi dan efektifitas produksi.

 

Pada hari yang sama, delegasi juga berkesempatan menghadiri Muslims Excellence Corporations (MEC) Award yang menominasikan 3 perusahaan terkemuka Indonesia yaitu Adaro, BRI dan Toyota Astra Motor (TAM) sebagai juaranya. Award yang merupakan kegiatan regular dan diselenggarakan oleh Islamic Chamber Research and Information Center (ICRIC) di bawah koordinasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) tersebut merupakan wadah dunia usaha negara-negara Islam yang mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang dinilai memiliki outstanding performance dalam hal business excellence.

 

Pada 12 Oktober 2014, delegasi yang merupakan perwakilan dunia usaha dari sektor industri minyak, gas, petrokimia, energi, otomotif, IT shariah banking system, pariwisata, dan general trading tersebut melakukan temu bisnis dan one-on-one meeting dengan para mitranya di kantor pusat ICCIMA.

 

Temu bisnis yang dihadiri tidak kurang dari 200 pengusaha tersebut menghadirkan Dubes Dian Wirengjurit; Ali Asghar Farschi, Director-General of East Asia and Oceania ICCIMA; Syamsul Bahri Siregar, Direktur Kerjasama Bilateral Kemendag RI; Rudi Radjab, Wakil Ketua Komite Iran KADIN; Sekjen ICCIMA serta Betha A. Djarjis, Chairman PT Powertel Mas Mulia sebagai narasumber promosi potensi ekonomi kedua negara.

 

Kunjungan yang difokuskan pada bidang wisata dan ditutup dengan kunjungan ke lokasi wisata di Tehran, Qom dan Esfahan tersebut, didahului dengan jamuan makan malam bersama keluarga besar KBRI Terhan dan masyarakat Indonesia.

 

KBRI Tehran berharap kunjungan delegasi KADIN dapat semakin mempererat jalinan kerjasama di bidang ekonomi, mengurangi mispersepsi tentang sanksi, serta meningkatkan people-to-people contacts melalui promosi pariwisata bilateral kedua negara.