press_release

Dalam rangka memperingati berdirinya Tehran University, Tehran University of Medical Sciences (TUMS) menyelenggarakan International Day Festival pada tanggal 7 Maret 2016. Festival ditandai dengan pameran budaya dari para mahasiswa internasional dari sekitar 17 negara. Upacara pembukaan dihadiri oleh para Duta Besar dan perwakilan Negara-negara tersebut, termasuk Indonesia. Dalam sambutannya, Dr. Ali Arabkheradmand, M.D. menyampaikan bahwa selain memperingati berdirinya Tehran University, juga memberi kesempatan para mahasiswa asing memperkenalkan budaya masing-masing dan mempererat persaudaraan di antara mereka. Pameran juga dimaksudkan untuk mengenalkan keragaman budaya Iran kepada para pengunjung dan mahasiswa asing di TUMS.

Dalam kaitan ini, perwakilan KBRI Tehran berkesempatan diwawancarai oleh media kampus terkait penyelenggaraan festival. KBRI Tehran menyambut hangat festival tersebut untuk dapat mengenal beragam budaya dari para peserta. Lebih jauh disampaikan bahwa festival ini menunjukkan cara pandang TUMS yang out of the box. Pengenalan budaya juga berkaitan dengan pembelajaran terhadap local wisdom yang mungkin secara langsung maupun tidak berhubungan dengan medical science itu sendiri. Salah satu local wisdom yang dapat dilihat dari masyarakat Iran adalah food combining dalam keseharian, dimana masyarakat Iran selalu menyajikan dough (susu yang difermentasi) dan jeruk nipis sebagai pendamping makanan beratnya. Dari sudut medical science mungkin dapat dipelajari hubungan food combining tersebut dengan tingkat obesitas di Iran yang cenderung rendah dibandingkan Negara lainnya, seperti Indonesia meskipun porsi yang dikonsumsi umumnya lebih banyak.

Bidang medical sciences Iran yang relatif maju menjadi salah satu daya tarik para mahasiswa asing untuk belajar, khususnya di TUMS. Untuk Indonesia, tahun ini merupakan partisipasi pertama karena sebelumnya tidak ada mahasiswa Indonesia di TUMS. Dalam rangka pembinaan mahasiswa, KBRI Tehran mendukung penuh kegiatan tersebut, serta melibatkan mahasiswa Indonesia lainnya untuk dapat mendukung penyelenggaraan Festival dimaksud, selain mahasiswa Indonesia di TUMS. Hal ini bertujuan agar terjalin kerjasama dan we feeling di antara mahasiswa maupun masyarakat Indonesia di Iran dalam upaya mempromosikan Indonesia.​