Penerbitan Buku Panduan untuk Wisata ke Indonesia di Iran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Iran mengenai Indonesia, dua mahasiswa Indonesia (Sdr. Bastian Zulyeno dan Sdri. Indri M. Andayani) yang sedang menuntut ilmu di Tehran telah menyusun sebuah buku panduan wisata ke Indonesia (kamus percakapan Bahasa Farsi–Indonesia). Buku setebal 244 halaman tersebut diterbitkan di Iran oleh Jungle Publisher Iran dengan judul “Andonezi Baraye Safar” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Bahasa Indonesia untuk Wisata”.

 

Buku panduan ini sangat berguna bagi wisatawan Iran yang akan berkunjung ke Indonesia, di mana selain memperkenalkan informasi umum mengenai Indonesia, buku ini juga memuat kata-kata dan percakapan yang umum digunakan wisatawan mancanegara sejak ketibaan di pelabuhan udara, penggunaan transportasi umum, pemesanan akomodasi, keperluan sehari-hari serta kunjungan ke pusat wisata dan perbelanjaan. Dengan buku “Bahasa Indonesia untuk Wisata” ini, diharapkan minat wisatawan Iran untuk berkunjung ke Indonesia dapat meningkat.

 

KBRI Tehran menyambut baik penerbitan buku ini karena merupakan bukti nyata upaya diplomasi publik oleh non-state actor dalam peningkatan citra Indonesia yang pada gilirannya akan diikuti kerjasama people-to-people di berbagai bidang.