Pelayanan Konsuler KBRI Tehran di Kota Qom, 30-31 Maret 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 30-31 Maret 2010, Fungsi Konsuler KBRI Tehran telah melakukan pelayanan konsuler di Kota Qom (200 km dari Tehran), di mana terdapat sekitar 236 masyarakat Indonesia yang sebagian besar di antaranya adalah mahasiswa.

 

Pelayanan konsuler KBRI Tehran di Qom ini merupakan yang pertama kali dan menjadi salah satu program prioritas KBRI Tehran sebagai salah satu upaya untuk lebih meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap WNI di wilayah akreditasi. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat ditingkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat Indonesia dalam hal pengurusan dokumen keimigrasian dan kekonsuleran sekaligus meringankan beban (waktu dan biaya) yang harus mereka tanggung.

 

Dalam kesempatan tersebut, KBRI Tehran mengeluarkan 24 dokumen dengan rincian 8 paspor, 5 SKKL (Surat Kenal Lahir), 8 Surat Keterangan dan 3 Lapor Diri. Adapun keseluruhan proses mulai dari penerimaan aplikasi, pembuatan sampai dengan penyerahan dokumen dilakukan di Qom.

 

Di sela-sela pelayanan konsuler, juga dilakukan beberapa sesi diskusi informal mengenai peraturan keimigrasian Indonesia dan Iran terkait dengan kewarganegaraan, peraturan lapor diri dan seputar rencana kegiatan sosial budaya dan pembinaan masyarakat atas kerjasama KBRI dan masyarakat Indonesia di kota Qom.