PERTEMUAN TINGKAT MENTERI KE-9 ASIA COOPERATION DIALOGUE (PTM ACD)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertemuan Asia Cooperation Dialogue (ACD) tingkat Menteri ke 9 telah diselenggarakan di Tehran tanggal 8-9 November 2010. Pertemuan tersebut didahului dengan pertemuan Prime Movers dan Co-Prime Movers Meeting sehari sebelummya. Pertemuan yang dibuka Presiden Iran, Ahmadinejad, dihadiri 30 dari 31 negara anggota. Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia dipimpin Duta Besar RI di Tehran, Iwan Wiranataatmadja, disertai pejabat dari Kemlu RI dan KBRI Tehran. 

ACD merupakan organisasi intra regional Asia yang dibentuk bulan Juni 2002 melalui pertemuan tingkat menteri luar negeri yang pertama di Thailand yang saat itu diikuti 18 negara Asia. Dalam perkembangannya, kini keanggotaannya ACD mencapai 31 negara yang mencakup negara Asia Timur dan Pasifik, Asia Selatan dan Tengah serta Timur Tengah. Sementara kerjasama antar negara anggota diwujudkan dalam format dialog (Pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri) dan kerjasama proyek (prime movers dan co-prime movers). Kerjasama proyek sampai saat ini sudah mencakup 19 sektor antara lain: energi, pendidikan, pengentasan kemiskinan, teknologi informasi, perbankan, dsb.

Dalam pertemuan PTM ACD ke-9 ini, Indonesia sebagai salah satu co-prime mover bidang energi  menyampaikan perkembangan kerjasama energi yang telah dilaksanakan negara-negara anggota ACD. Sedangkan pada pertemuan Tingkat Menteri, Ketua Delegasi Indonesia telah menyampaian tiga isu utama yang penting untuk menjadi perhatian organisasi ini yaitu ekonomi global, energi serta demokrasi dan perdamaian. Indonesia mengemukakan langkah-langkah yang telah diambil Pemerintah RI terkait isu-isu tersebut pada tingkat nasional, bilateral maupun regional dan multilateral.

Pada akhir sidang, PTM  ACD ke-9 menyepakati “Tehran Declaration” yang secara umum berisi komitmen negara-negara anggota untuk terus meningkatkan kerja sama dalam kerangka ACD dan membangun connectivity dengan forum lain di Asia.