Kunjungan Kerja Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI ke Iran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Atas undangan Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani, Ketua DPD RI, Irman Gusman,  disertai Sekjen dan tiga anggota DPD RI telah melakukan kunjungan kerja ke Tehran pada tanggal 4-6 Desember 2010. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk membangun saling pengertian dan kerjasama antara DPD RI dengan lembaga-lembaga tinggi di Iran serta membahas upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang.

Untuk itu Ketua DPD RI dengan didampingi Duta Besar RI, Iwan Wiranataatmadja, melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi Iran yaitu Ketua Parlemen, Presiden Mahmoud Ahmadinedjad, Ketua Lembaga Peradilan, Menteri Luar Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Menteri Perminyakan, Menteri Telekomunikasi dan Rektor Tehran University.

Dalam pertemuan dengan Ketua Parlemen Iran, Ketua DPD RI antara lain menerangkan bahwa DPD RI mewakili aspirasi dari seluruh provinsi di Indonesia, yang bentangnya digambarkan sepanjang jarak London-Ankara, di mana 132 anggotanya dipilih langsung oleh rakyat. DPD RI merupakan bagian upaya reformasi dengan agenda antara lain transformasi sistem pemerintahan yang sentralistik menjadi desentralistik. Kewenangan DPD RI diutamakan pada agenda untuk kesejahteraan rakyat.

Saat menerima Ketua DPD RI, Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menyampaikan bahwa dirinya menganggap Indonesia seperti rumahnya sendiri dan berharap Ketua DPD RI memiliki perasaan yang sama. Ditekankan bahwa tidak ada batasan dalam hubungan Indonesia dan Iran di berbagai bidang karena bekerjasama dengan Indonesia seperti bekerja dengan bangsa sendiri. Presiden Ahmadinejad juga menyampaikan salam hangat untuk Anggota Parlemen, Presiden RI, MUI dan seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pertemuan-pertemuan yang dilakukannya, Ketua DPD RI juga mengangkat pembicaraan seputar upaya-upaya untuk merealisasikan kerjasama kedua negara yaitu pembangunan kilang minyak di Banten dan pabrik pupuk di Assalouyeh, penerbangan langsung reguler serta kerjasama-kerjasama di bidang lain seperti perdagangan, investasi, perbankan, bursa saham, pajak, teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan, pariwisata serta peningkatan interaksi people-to-people dan bussiness-to-bussiness kedua negara.

 

Foto-foto Kunjungan Ka. DPD RI