INDONESIA – IRAN BUSINESS FORUM, Jakarta, 14 Pebruari 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Indonesia dan Iran memiliki potensi ekonomi yang besar dan saling melengkapi yang penting bagi peningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi serta perdagangan bilateral kedua negara. Disamping itu, dengan peran strategis yang dimainkan kedua negara di masing-masing kawasan, Indonesia dan Iran juga dapat berperan dalam membangun economic connectivity bagi kawasan Asia Tenggara dengan Asia Tengah dan Selatan.
 
Demikian antara lain beberapa pokok pikiran yang mengemuka dari Indonesia-Iran Bussiness Forum yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tehran bekerjasama dengan Direktorat Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI di Hotel Borobudur Jakarta tanggal 14 Pebruari 2011.
Forum dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan perdagangan, perindustrian dan investasi Indonesia – Iran tersebut diikuti oleh 26 pengusaha Iran. Dalam kesempatan tersebut Duta Besar Republik Indonesia untuk I.R. Iran, H.E. Iwan Wiranaatmadja telah menyampaikan keynote speech yang dilanjutkan dengan sambutan oleh  Dubes Iran untuk Indonesia, H.E. Mahmoud Farazandeh, serta Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu RI, Rizali W. Indrakesuma. Forum juga  mendapat paparan mengenai potensi ekonomi, perdagangan, industri dan investasi serta kebijakan terkait yang masing-masing disampaikan oleh Direktur Fasilitasi Ekspor-Impor Kementerian Perdagangan, Direktur Kerjasama Industri Internasional Kawasan II Kementerian Perindustrian serta Direktur Deregulasi Investasi BKPM.
 
Delegasi 26 pengusaha Iran dari berbagai bidang seperti petrokimia, refinery and oil & gas equipment, peralatan konstruksi, garmen,  kertas, computer parts, karpet, medical equipment, mesin dan peralatan pertanian, makanan dan minuman. tiba di Jakarta pada tanggal 10 Pebruari 2011 untuk kunjungan selama tujuh hari. Selama berada di Jakarta, mereka telah melakukan Bussiness Meeting dengan 40 pengusaha Indonesia pada acara yang diselengggaraan Kadin Indonesia di Hotel Borobudur tanggal 11 Pebruari 2011 dan dibuka oleh Ketua Umum Kadin Indonesia.  Guna melihat secara langsung potensi industri Indonesia, Delegasi juga telah mengunjungi Kawasan Industri Jababeka di Cikarang dan berdiskusi dengan manajemen Jababeka. Disamping itu, delegasi juga melakukan factory visits ke beberapa industri serta mengunjungi obyek-obyek wisata di Jakarta dan Bandung.
 
Pada tahun 2011, hubungan perdagangan Indonesia dan Iran menorehkan catatan baru dengan dilampauinya angka total perdagangan kedua negara melewati USD 1 milyar, yang berarti kenaikan lebih dari 36 persen dibanding tahun sebelumnya. Kedua negara juga terus memperkuat komitmennya untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan antara lain melalui penyelenggaraan Sidang ke-11 Komisi Bersama yang dijadwalkan akan dilangsungkan pada semester pertama tahun ini.