Atlet Wushu Indonesia Meraih Medali Perunggu pada The 5th Pars Wushu Championship

Pemerintah Iran kembali menyelenggarakan kompetisi Wushu tahunan, The 5th Pars Wushu Championship pada tanggal 18-20 September 2015 di Azadi Sport Complex, Tehran. Kompetisi yang diikuti oleh 18 tim wushu dari 17 negara, yaitu Afghanistan, Amerika Serikat,  Armenia, Azerbaijan, Bulgaria, Georgia, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Iraq, Kazakhstan, Pakistan, Philipina, Swedia, Turkmenistan, dan Vietnam, ini akan memperebutkan gelar juara untuk 9 sanda (tarung) dan 10 taolu (seni).

Tim Wushu Indonesia yang mengikuti kompetisi ini terdiri dari 2 pelatih dan 2 atlet. Hal ini dikarenakan sebagian besar atlet wushu sedang melakukan persiapan untuk kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX Tahun 2016.  Kedua atlet wushu Indonesia, Ade Permana dan Yudi Cahyadi, merupakan atlet untuk pertandingan kelas 48 kg sementara kelas tersebut tidak dipertandingkan pada kompetisi, keduanya di-upgrade sehingga dapat bertanding pada kelas 56 kg. Walaupun menghadapai lawan dengan postur tubuh yang lebih besar dan kelas yang lebih berat, Ade Permana berhasil meraih peringkat ketiga setelah ditaklukan oleh atlet India. Untuk kelas 56 kg tersebut, India memperoleh medali emas, Iran memperoleh medali perak dan Indonesia memperoleh perunggu.

Dubes RI beserta staf KBRI Tehran dan masyarakat Indonesia di Tehran telah hadir pada kompetisi tersebut untuk memberikan dukungan moral bagi atlet-atlet Indonesia yang sedang bertanding. Sebagai informasi, Ade Permana merupakan peraih medali emas pada Islamic Solidarity Games (ISG) III tahun 2013 dan SEA Games 2013 Myanmar. Keikutsertaan pada kompetisi wushu ini dapat menjadi pengalaman dan persiapan untuk Wushu World Championships yang akan diselenggarakan pada November 2015 di Indonesia.


KBRI Tehran
21 September 2015​