Tagih Komitmen, Dubes RI Tehran Kunjungi Wapres

12/14/2014

 

?

(Tehran, 10 Desember 2014): Menindaklanjuti rencana kunjungan Bapak Jusuf Kalla ke Iran dalam upayanya meningkatkan kerjasama ekonomi dan sosial-budaya beberapa tempo lalu, Dubes Dian mengunjungi Wapres RI di kantornya pada 3 Desember 2014.

 

Pertemuan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Wapres, Staf Ahli bidang Politik dan delegasi ulama, budayawan dan kesenian Iran membahas mengenai rencana tindak lanjut komitmen Wapres untuk dapat berkunjung ke Iran dalam waktu dekat. “Kunjungan kehormatan ini dimaksudkan untuk menagih janji dan komitmen Wapres”, ujar Dubes Dian. “Pemerintah dan masyarakat Iran menyambut hangat rencana dimaksud. Bahkan saat ini delegasi dari Dewan Masjid Iran menyampaikan secara langsung undangannya kepada Wapres untuk dapat segera merealisasikan komitmennya tersebut", imbuhnya.

 

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Dewan Masjid Iran yang didampingi oleh seniman dan budayawan ternama Iran memaparkan beberapa konsep kerjasama bilateral yang dapat segera direalisasikan antara lain proyek bersama pembangunan masjid post-modernis dan pembuatan situs web semacam Wiki-Mosque atau Mosque-Pedia yang berisikan informasi lengkap mengenai daftar dan informasi masjid di dunia.

 

Sebagaimana diketahui, meski sudah menjabat sebagai Wapres RI, namun demikian hingga saat ini Bapak Jusuf Kalla masih menjabat sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI).

 

KBRI Tehran berharap rencana kunjungan Bapak Jusuf Kalla dalam kapasitasnya sebagai Wapres RI kali ini dapat mencakup berbagai sektor potensial lainnya seperti migas, iptek, infrastruktur dan wisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan people-to-people contacts dan pemahaman lebih dalam mengenai Islam inklusif yang jauh dari kesan radikal dan anarkis.

 

Setelah pertemuan usai, Dubes Dian juga berkesempatan melakukan wawancara dengan perwakilan media massa seperti TvOne, Kompas, Berita Satu, Vivanews, Suara Pembaruan, dll. yang sedang bertugas di kantor Wakil Presiden.