Semarak Perayaan HUT RI ke-70 2015 Konsulat RI Tawau

​​​

Semangat yang menyala dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 tahun 2015 tak hanya dirasakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia, Tawau, tak kalah antusiasnya dalam menyambut dan menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70. Sejumlah perlombaan tradisional yang menjadi ciri khas HUT RI, digelar oleh Konsulat Republik Indonesia (KRI) Tawau, mulai dari tenis meja, gaple, jalan sehat/santai (fun walk), hingga lomba untuk anak-anak, seperti makan kerupuk dan hulla hop. Kegiatan yang diikuti seluruh staf KRI dan keluarga, WNI/BMI serta diaspora Indonesia yang berdomisili di wilayah kerja, lebih mengedepankan kebersamaan, ketrampilan dan solidaritas.

Panggung Gembira yang semarak dan meriah diadakan pada tanggal 16 Agustus 2015 di halaman KRI Tawau. Pengunjung yang larut dalam suasana suka cita, bernyanyi dan berjoget diiringi band yang mendendangkan lagu-lagu Indonesia populer. Panggung Gembira menjadi simbol keakraban antara Perwakilan RI dengan masyarakat Indonesia dan WNI/BMI pekerja ladang/kilang. Selain musik, Panggung Gembira juga menyuguhkan atraksi lain, diantaranya tampilan istimewa siswi CLC anak TKI membawakan puisi dalam bahasa Inggris. Suasana menjadi lebih meriah ketika panitia membuka sesi berhadiah untuk WNI/BMI yang menjawab pertanyaan-pertanyaan bertemakan sejarah kebangsaan Indonesia.

 

Detik-detik Proklamasi dirasakan dalam Upacara Pengibaran Bendera. Sekitar 850 orang masyarakat Indonesia, didominasi para WNI/BMI pekerja ladang dan pelajar Community Learning Center (CLC) dan Pusat Bimbingan Humana di wilayah kerja, mengikuti upacara pengibaran Sang Merah Putih dalam suasana khidmat. Sesuai dengan tema Peringatan HUT RI tahun ini “Ayo Kerja”, dipesankan dalam amanat Inspektur Upacara dengan mengajak seluruh peserta upacara untuk bekerja dengan semangat bergotong royong, saling bergandengan tangan untuk mewujudkan cita-cita para pejuang dan para pendiri bangsa, yaitu  kemakmuran rakyat Indonesia.

 

Rangkaian peringatan HUT RI ke-70 rencananya akan diakhiri dengan penyelenggaraan “Bazaar Expo Indonesia”. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi ajang promosi dalam upaya meningkatkan potensi ekonomi di wilayah perbatasan antara Indonesia – Malaysia.

 

TPID Konsulat RI Tawau