Program Kegiatan Kerja Sama Bidang Kelautan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??Pada tgl 22 Februari 2013 Kepala Perwakilan RI Tawau telah berkunjung ke  Jabatan Laut Tawau untuk membicarakan beberapa program kegiatan kelautan antara lain  operasi Speed Boat dan alternative pelayanan transportasi Sungai Nyamuk Pulau Sebatik-Tawau, Sabah-Malaysia.

Pada kesempatan pertemuan telah disampaikan bahwa jalur Speed Boat Sungai Nyamuk-Tawau tidak hanya menghubungkan kedua titik, namun harus diartikan sebagai sarana “people to people relation” yang dapat menggambarkan jalinan “mutualistic symbiosis” hubungan yang saling menguntungkan antara Sungai Nyamuk Pulau Sebatik-Kota Tawau, Sabah. Sementara itu, Kepada Jabatan Laut Tawau juga dimintakan dukungan agar masyarakat Sungai Nyamuk Pulau Sebatik dapat difasilitasi dan diizinkan menggunakan Speed Boat untuk membawa pasien yang akan dirawat di Rumah Sakit Tawau. Permohonan tersebut diajukan dalam keadaan “emergency” untuk pasien yang harus dirujuk ke Rumah Sakit Tawau, Sabah-Malaysia.

Dalam pertemuan, telah didiskusikan gagasan perlunya dibentuk Joint Task Force dalam rangka  kerjasama antara Indonesia dan Malaysia dalam rangka Search and Rescue (SAR) penyelamatan di laut. Disamping itu, dipandang perlu adanya penanganan bersama penanggulangan  tumpahan minyak (Oil Spill Over) di wilayah lautan yang dapat menyebar ke laut territorial Indonesia mengingat jaraknya yang berdekatan.

Dinamika kehidupan masyarakat di kawasan perbatasan seperti Pulau Sebatik, Nunukan, Indonesia dengan Tawau, Sabah, Malaysia terus dikembangkan dan dikelola dalam wadah kerja sama yang konstruktif untuk mencegah dari kegiatan Cross Border Crime (CBC).

TPID Konsulat RI Tawau