Pentas Budaya Sempadan Eratkan Persahabatan RI-Malaysia di Perbatasan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 5 Juli 2013 di Wisma Indonesia Tawau telah diselenggarakan Pagelaran Pentas Budaya Sempadan yang merupakan upaya second track diplomacy untuk menguatkan pertalian masyarakat (people to  people relations) antara Indonesia dan Malaysia, mengingat letak geografis KRI Tawau tepat berada di wilayah sempadan (perbatasan) antara Indonesia dan Malaysia (Pulau Nunukan dan Pulau Tarakan).

 

Dalam sambutan pembukaan Pagelaran Pentas Budaya Sempadan tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan Konsulat RI Tawau, Ibu Maesarah Soleh, menyampaikan bahwa dengan lebih mengenal dan menghargai adat istiadat dan budaya diharapkan hubungan persaudaraan dan kasih sayang diantara Indonesia-Malaysia akan semakin erat sehingga kerjasama antar dua bangsa serumpun akan semakin harmonis di masa mendatang.

 

Hadir sebagai Guest of Honour, tokoh wanita Tawau, Datuk Hamisa Samad selaku anggota DPRD Sabah (Dapil Tanjung Batu-Tawau) yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pembangunan dan Kemajuan Teknologi. Lebih dari 100 undangan turut meramaikan Pentas Budaya Sempadan ini, antara lain perwakilan dari berbagai instansi pemerintah, Persatuan Persatuan Suri dan Anggota Wanita Perkhidmatan Awam Malaysia (PUSPANITA), Persatuan Wanita Sabah (PERWASA), Jabatan Tenaga Kerja (JTK), Persatuan Wanita Kastam (PERWAKAS), Persatuan Kepolisian (PERKEP), PERSIP (Persatuan Istri Penjara), Jabatan Imigresen, Rejimen Askar Melayu Diraja, CIMB, Persatuan Perpaduan Rumun Bugis Melayu Malaysia (PRBM), Anggota Dharma Wanita Persatuan Tawau, dan media setempat.

 

Pentas Budaya Sempadan diawali dengan persembahan Tari Pendet dari Bali, Tari Yapong dari Betawi serta pagelaran pakaian daerah dari 10 provinsi di Indonesia antara lain Pakian Adat Sumatra Barat, Sumatera utara, Sumatera Selatan, Betawi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banjar, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Selain itu, hadirin diajak serta bergoyang dengan Tari Poco-poco kemudian acara ditutup dengan bersama-sama menyanyikan lagu Kemesraan. (Sumber: TPID KRI Tawau?)