“Apresiasi Prestasi dan Seni (APSI) 2015 Tingkat Sekolah Dasar” di Konsulat RI Tawau, Sabah- Malaysia


Dalam upaya menumbuhkan kreatifitas, membangun jati diri dan menggali potensi anak-anak TKI yang bersekolah di Community Learning Center (CLC) dan Pusat Bimbingan Humana (PBH), KRI Tawau untuk ketiga kalinya menyelenggarakan “Apresiasi Prestasi dan Seni (APSI) Tingkat Sekolah Dasar”.  Dengan tema “Ciptakan Generasi Mandiri, Kreatif, Terampil dan Berprestasi”.  APSI 2015 diwujudkan dalam rangkaian kegiatan, yaitu lomba pidato, cerdas cermat, menyanyi dan menggambar. APSI 2015, selain sebagai metode mentransfer ilmu, juga dapat digunakan sebagai follow up atas materi-materi yang diberikan guru di sekolah.
 
Penanggungjawab kegiatan, Dian Ratri Astuti (Fungsi Sosbud KRI Tawau) menjelaskan, kegiatan ini diikuti 211 peserta dari 60 sekolah CLCdan PBH di wilayah kerja, yaitu Tawau, Kunak, Semporna dan Lahad Datu, ditambah partisipasi dari CLC Kinabatangan dan Sandakan. Seluruh kegiatan dilaksanakan melalui babak penyisihan sampai dengan babak semifinal yang di masing-masing distrik. Sedangkan untuk putaran final diselenggarakan di Kantor KRI Tawau dengan peserta 70 siswa yang lolos, berkompetisi memperebutkan predikat terbaik.
 
Pada tanggal 5 September 2015, Konsul RI Tawau, Muhammad Soleh  secara resmi membuka  kegiatan Final APSI 2015. Dalam sambutannya Konsul RI Tawau menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan APSI 2015. Event ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi CLC-CLC di wilayah kerja  KRI Tawau untuk berkompetisi di tingkat regional maupun internasional.
 
Pada kesempatan yang sama, Atase Dikbud KBRI Kuala Lumpur, Prof. Ari Purbayanto menyampaikan rasa bangga melihat kemampuan mengekspresikan diri peserta lomba. Prof. Ari menyebut bahwa saat ini sedang dibangun Boarding School di Pulau Sebatik, yang akan memprioritaskan anak-anak TKI yang telah lulus SMP untuk melanjutkan pendidikan kejuruan di Sebatik – Nunukan.
 
Melalui APSI 2015, banyak soft skill yang didapat siswa, diantaranya, percaya diri, berpikir cepat, kepemimpinan, bekerja sama dengan kelompoknya, menghargai pendapat/jawaban antar kelompok, belajar mengelola emosi ketika kelompoknya bukan menjadi yang terbaik.
 
Suasana lomba yang meriah, menegangkan dan memberikan pengalaman kepada anak-anak CLC dan dapat memberi motivasi kepada para siswa. Hasil final APSI 2015 diraih pemenang lomba cerdas cermat dari CLC Tunas Perwira, lomba pidato PBH Boorich dan pemenang lomba menggambar dan menyanyi diraih oleh  PBH Binuang.

TPID Konsulat RI Tawau