Kunjungan Tim Satgas Konsulat RI Tawau ke Relokasi Ladang Felda Sahabat 17

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Pada tanggal 8 Maret 2013, Tim Satgas PWNI Konsulat RI Tawau dengan mengikut sertakan 6 (enam orang) wartawan dari Surat Kabar Kompas, Jawa Pos, Tribun Kaltim, Radio Maponi-Nunukan dan Radio Tribun-Nunukan berkunjung ke relokasi WNI Ladang Felda Sahabat 17. Jumlah TKI beserta keluarganya yang berada di Asrama Embara Budi adalah sebanyak 193 orang, pada perusahaan Felda Global Venture (FGV) Lahad Datu. Asrama terletak di Bandar Embara Budi, sebuah kompleks yang mempunyai sarana prasarana seperti restoran, masjid, sarana olah raga dan taman bermain. Dari 193 orang TKI, tercatat 84 laki-laki dan 24 perempuan adalah TKI/Pekerja, Ibu rumah tangga sebanyak 25 orang serta anak-anak 60 orang (34 laki-laki dan 26 perempuan). Mereka berasal dari daerah Sulawesi Selatan, Tana Toraja dan Timor. Pengamanan di tempat relokasi berkekuatan 50 orang BANPOL dan Security Felda dengan persenjataan lengkap. Semua bahan makanan, minuman, tempat tidur dan obat-obatan diberikan secara gratis oleh pihak Felda Sahabat.

Ladang Felda memiliki luas lahan seluas 110.000 Ha yang terbagi dalam 43 blok. Ke-193 WNI yang direlokasi adalah sebagian kecil dari jumlah WNI yang tinggal dan bekerja di Felda. Dikarenakan alasan keamanan dan alasan tempat tinggal yang sangat berdekatan dengan medan konflik para TKI tersebut kemudian direlokasi.

Tim Satgas dapat langsung bertemu dengan seluruh WNI./TKI di asrama tempat relokasi tersebut. Maksud kedatangan Tim Satgas Konsulat RI Tawau adalah untuk memastikan keamanan, kesehatan dan kenyamanan serta perlindungan dari pihak  Felda dan aparat setempat. Selain itu Tim Satgas juga memberikan bantuan berupa mie instant dan susu.

TPID Konsulat RI Tawau