Konsul RI Tawau Sambut Rombongan Yacht Rally Festival Derawan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 5 September 2013 Konsul RI Tawau telah menyambut kedatangan kurang lebih 20 yacht bersama lebih dari 30 kru dan penumpang yang berlabuh di Tawau untuk mengikuti Technical Briefing Yacht Rally Festival Derawan 2013 setelah sebelumnya melakukan perjalanan dari Davao, Filipina. Rombongan selanjutnya akan bertolak ke Tarakan pada tanggal 8 September dan diharapkan akan berlabuh di Pelabuhan Tarakan pada tanggal 9 September 2013.


Konsul RI pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus apresiasi kepada panitia dan Pemda Kaltim atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebagai salah satu bentuk dukungan, Konsulat RI telah membantu proses pengurusan visa para peserta sehingga perjalanan dapat berjalan dengan lancar.


Yacht Rally sendiri adalah sebuah event yang dimotori oleh ASWINDO (Asosiasi Sail Wisata Indonesia) yang merupakan rangkaian dari Festival Derawan yang menjadi bagian dari Kegiatan Sail Komodo. Adapun Festival Derawan yang berlangsung dari bulan Juni – September 2013 adalah program promosi pariwisata bertaraf internasional. Dengan mengusung tema "Derawan for Future", festival ini bertujuan untuk mempopulerkan keindahan alam Kepulauan Derawan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia dan kampanye Visit Kalimantan Timur.


Dalam Technical Briefing, Dr. Ir. Aji Sularso, MMA sebagai Sekjen ASWINDO memaparkan rencana perjalanan dan berbagai program yang akan dinikmati peserta di Tarakan maupun Pulau Derawan serta hal-hal teknis lainnya terkait kegiatan Yacht Rally tersebut. Peserta yang sebagian besar berasal dari Australia nampak sangat antusias mengetahui bahwa mereka akan mengunjugi Monumen Australia dimana disana dimakamkannya 225 serdadu Australia dari Brigade ke-26 Divisi ke-9 Tentara Kerajaan ke-2 Australia yang gugur di pertempuran pembebasan Tarakan dari pendudukan Jepang pada tanggal 1 Mei 1945 s/d 15 Agustus 1945 dalam Perang Dunia II.

Sumber: TPID Konsulat RI Tawau