KRI Tawau Tingkatkan Konsolidasi dengan Guru Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Pada tanggal 15 Mei 2013 Konsulat RI Tawau telah melaksanakan pertemuan di kantor Pusat Bimbingan Humana Child Aid Society (HUMANA) di Lahad Datu. Pertemuan bertujuan untuk membahas upaya peningkatan kinerja dan aspirasi para guru yang ditugaskan pada Sekolah Humana di Perusahaan-Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit.

Beberapa pokok bahasan penting yang dikemukakan dalam pertemuan dengan Humana adalah terkait dengan prosedur pemindahan guru, pengaturan jadwal belajar, distribusi logistik kegiatan belajar mengajar, hak dan kewajiban para guru di sekolah-sekolah Humana. Pusat Bimbingan Humana merupakan LSM yang selama ini menjadi mitra KRI Tawau dalam mengakses pendidikan dasar bagi anak-anak TKI berdampingan dengan CLC yang dimotori oleh Kemdikbud melalui Sekolah Indonesia Kinabalu (SIKK).

Secara terpisah kegiatan di Lahad Datu juga telah diselenggarakan forum evaluasi dengan para guru Indonesia yang mengajar di sekolah Humana yang dihadiri oleh 50 orang guru dari 104 guru Indonesia yang mengajar di sekolah Humana dan CLC (Community Learning Center) di wilayah kerja KRI Tawau.

Dalam Forum Evaluasi bersama para guru Indonesia, Konsul RI menyampaikan perlunya konduite dari para guru dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak TKI serta pentingnya komunikasi yang baik dan terbuka dengan PB Humana, manajer ladang maupun Konsulat RI Tawau. Para guru dalam hal ini merupakan ujung tombak yang dapat memonitor perlindungan kepada para TKI yang bekerja di ladang-ladang di Sabah. Selain itu, dalam rangka menyambut Pemilu 2014 para guru diminta untuk berperan aktif menyukseskan perhelatan akbar tersebut dengan cara menjadi jembatan antara KRI Tawau dengan WNI/TKI. Untuk itu perlu diaktifkan kembali kanal-kanal komunikasi baik melalui mailing list maupun sarana lain.

Selanjutnya pertemuan menyepakati perlunya suatu cetak biru bagi pelaksanaan tugas guru Indonesia di wilayah kerja KRI Tawau dan dibangunnya komunikasi yang baik dengan semua pihak yang terkait dalam pelayanan pendidikan kepada anak-anak TKI.

Sumber: TPID Konsulat RI Tawau