Masyarakat Uzbekistan Minati Mebel Indonesia

​​

KBRI Tashkent, menggandeng perusahaan mebel Uzbekistan Rattan Asia, mempromosikan mebel Indonesia pada pameran the 14th Mebel Expo Uzbekistan yang diselenggarakan di Uzexpocenter, Tashkent (01-03/03/2017).

Pameran "Mebel Expo Uzbekistan" merupakan pameran produk, bahan baku dan teknologi pembuatan mebel yang diselenggarakan setiap tahun oleh International Trade and Exhibitions (ITE) Uzbekistan. Pameran tahun ini dihadiri oleh sekitar 10.000 orang yang terdiri dari para buyers, produsen dan distributor di bidang terkait.

Mebel Indonesia yang pada pameran ini didatangkan dari Cirebon dan Jepara, cukup dapat menarik minat pengunjung diantara produk-produk mebel lain yang ditampilkan oleh 130 perusahaan dari Uzbekistan dan negara-negara lain seperti Jerman, Austria, Finlandia, India, Italia, Cina, Turki, Kazakhstan, Polandia, Belarusia dan Rusia.

Hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mebel Indonesia selain design-nya yang unik dan berbeda, adalah penggunaan jenis bahan dasar yang dinilai tidak lazim digunakan seperti pelepah daun pisang. Dari segi harga pun, mebel Indonesia dinilai kompetitif dengan mebel asal negara lain. Karena keunikan tersebut, selama berlangsungnya pameran, beberapa pengusaha telah melakukan pemesanan mebel Indonesia guna menghias restoran, cafe maupun untuk koleksi pribadi.

Mebel Indonesia yang terbuat dari rotan, kayu jati dan pelepah daun pisang memiliki potensi untuk dipasarkan di Uzbekistan dikarenakan, sejak membuka toko mebel khusus produk Indonesia di Tashkent pada akhir Februari 2016, perusahaan Rattan Asia terus mendapatkan pemesanan mebel-mebel tersebut, khususnya dari masyarakat kelas menengah ke atas yang mencari produk unik dan bermutu. (Sumber: KBRI Tashkent)