Cerdas Cermat Meriahkan Lomba Bahasa Indonesia di Tashkent

​​

            Cerdas cermat membawa kemeriahan tersendiri dalam lomba bahasa Indonesia di Uzbekistan State University of World Languages (UzWLU) Tashkent (10/03/2017). Peserta beradu cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan diselingi tawa canda.

            Sebanyak 20 mahasiswa ikut serta dalam lomba bahasa, yang diselenggarakan KBRI Tashkent bekerja sama dengan UzWLU. Kali ini lomba terdiri dari kategori lomba cerdas cermat, lomba membaca UUD 1945 dan lomba menulis esai. Pada tiap lomba terselip jawaban-jawaban lucu peserta yang mengundang gelak tawa. Para pemenang tiap kategori mendapat hadiah menarik dari KBRI Tashkent berupa video destinasi wisata Indonesia dan piagam. Para peserta juga mendapat kenang-kenangan dari para guru berupa kerajinan tangan tradisional Indonesia. 

            Antusiasme peserta dan peminat bahasa Indonesia di UzWLU terbilang stabil tiap semester. Di UzWLU terdapat 2 guru tetap bahasa Indonesia yang salah satunya merupakan warga negara Uzbekistan, sedangkan seorang lagi penutur asli bahasa Indonesia, yang didatangkan oleh KBRI Tashkent bekerja sama dengan Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemristek. Para guru mengelola 4 kelas mulai dari mahasiswa tahun pertama hingga tahun ketiga.

            Di UzWLU peminat mahasiswa yang mengikuti kelas bahasa Indonesia cukup tinggi, hampir setara dengan peminat bahasa-bahasa lain seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Cina, Rusia, Italia, Arab, Korea, Jepang, India. Total mahasiswa yang berminat belajar bahasa Indonesia pada tahun ajaran 2016/2017 ini telah berjumlah 80 orang.  Diharapkan jumlah peminat terus bertambah di tahun-tahun berikutnya. (Sumber: KBRI Tashkent)

             

​