Sambutan Hangat Pengunjung Stand Indonesia Dalam TITF-2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pameran yang dihadiri dihadiri oleh peserta baik perwakilan pariwisata pemerintah, outbound tour operator, perusahaan perhotelan, maupun perusahaan penerbangan telah dibuka oleh Deputi Perdana Menteri Uzbekistan, Elyor Ganiyev didampingi oleh Sekretaris Jenderal UNWTO (World Tourism Organization) Thaleb Rifai. Dalam sambutannya Deputi PM Uzbekistan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta pameran TITF dan menyatakan bahwa industri pariwisata di kawsan Asia Tengah semakin berkembang khususnya di Uzbekistan, dan oleh karena itu melalui kegiatan TITF diharapkan kerjasama antara negara khususnya dengan Uzbekistan dalam industri pariwisata semakin meningkat. Sedangkan Sekjen UNWTO dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungannya ke Uzbekistan tahun ini merupakan yang pertama kali dan sangat mendukung kegiatan pameran berskala internasional yang diadakan di kota Tashkent, Uzbekistan.
Negara-negara yang ikut berpartisipasi dalam event ini, antara lain: Azerbaijan, Bulgaria, Cheko, Cyprus, China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Kroasia, India, Indonesia, Iran, Italia, Malaysia, Mesir, Polandia, Rusia, Spanyol, Saudi Arabia, Thailand, Turki, Turkmenistan, Ukraina, Uni Emirat Arab, Vietnam, Yunani serta tuan rumah Uzbekistan. Pada saat pameran berlangsung, stand Indonesia mendapat kunjungan kehormatan dari Deputi PM Uzbekistan, Elyor Ganiyev dan Sekretaris Jenderal UNWTO Thaleb Rifai yang disambut langsung oleh Duta Besar RI M Asruchin.
Pada hari kedua penyelenggaraan TITF, stand Indonesia memperoleh kesempatan untuk memberikan presentasi mengenai potensi wisata di Hotel Intercontinental Tashkent. Dengan didukung oleh tour operator setempat yang pernah mengikuti program fam trip di Indonesia telah dipresentasikan pula mengenai alternatif penerbangan melalui charter flight yang akan dioperasikan khusus pada bulan Desember 2010 dan Januari 2011 dengan rute Tashkent-Denpasar-Tashkent dengan menggunakan Pesawat Boeing 767. Dalam presentasi ini juga dibuka sesi tanya jawab dengan para peserta yang sebagian besar merupakan tour operator setempat, antara lain: daerah tujuan wisata, kondisi keamanan setempat, jadwal charter flight maupun perolehan visa Indonesia.
Masih dalam rangkaian TITF, Pemerintah Uzbekistan dan UNWTO pada tahun ini juga menyelenggarakan pertemuan the 5th International Meeting on the Silk Road, yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Oktober 2010 di kota Samarqand (kota bersejarah dan terbesar kedua di Uzbekistan). KBRI Tashkent terus berupaya mendukung promosi pariwisata Indonesia di keempat wilayah akreditasi (Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tajikistan Kazakhstan dan Tajikistan) khususnya pada setiap kegiatan/ pameran internasional setempat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sekaligus membangun citra Indonesia secara positif di wilayah akreditasi.