Tips Belajar di NSW, QLD, dan SA

Hal-hal yang perlu diketahui untuk belajar di Australia:

1.    Australia adalah negara 4 musim dalam setahun, tetapi kadang hal tersebut berubah menjadi 3 musim dalam sehari. Jangan lupa untuk membawa payung (bila disertai oleh wind storm, payung menjadi tidak berguna), jadi bisa juga membawa rain coat.

2.    Calon mahasiswa/i yang berasar dari luar negara Australia, harus mencari akomodasi sebelum pergi ke Australia, karena bukan hal yang mudah untuk mecari tempat yang akan ditinggali selama 2-4 tahun. Kalian dapat mencari akomodasi tersebut melalui website khusus properti atau kontak agen Universitas.

3.    Pakaian di Universitas di Australia tidak diseragamkan, mahasiswa/i dibebaskan untuk memakai pakaian (asalkan sopan).

4.    Maksimum pengambilan mata kuliah di Australia adalah 4 subject dan tugas mingguan pun berjumlah 4 subject.

5.    Kaum muda di Australia sangat suka terlibat dalam kegiatan yang bersifat sosial dan olahraga. Bergabung dalam klub olahraga ataupun komunitas tertentu, kalian dapat merasakan lingkungan Universitas dengan gaya hidup Australia. Kalau kalian tidak menyukai olahraga, orang Asutralia juga sangat menyukai minum kopi seperti kalangan muda Indonesia yang suka nongkrong di cafe atau restoran.

6.    Usahakan selalu tepat waktu, tidak ada elastic time! Atau sering kita sebut jam karet. Bila berjanji untuk bertemu jam 3, usahakan jam 2.50 sudah ada di tempat pertemuan.

7.    Jadikanlah perpustakaan menjadi rumah kedua kalian, karena dari perpustakaan Universitas kalian dapat informasi mengenai tugas dari kampus.

8.    Pada saat dosen menerangkan suatu subject, jangan ragu dan takut untuk bertanya kepada dosen. Hal yang menarik adalah dosen akan sangat menyukai opini kalian, diskusi selama kelas berlangsung juga merupakan hal yang lumrah.

9.    Di Indonesia, kita selalu memanggil dosen dengan awalan "Bapak atau Ibu", tetapi di Australia kita memanggil dengan nama pertama dosen tersebut. Sebagai contoh: Dosen bernama Lachlan Kurtz mengajar subject Internasional Relation, kita memanggilnya bukan dengan, "Pak Lachlan, saya mau …" tetapi panggil secara langsung, "Lachlan, can you explain the topic further?".

10. Dalam setahun, libur Universitas di Australia berjumlah hampir 5 bulan lamanya. Waktu yang cukup lama bagi mahasiswa/I melepas strees setelah dikejar-kejar oleh tugas yang menumpuk. Kalian dapat berlibur ke negara bagian atau mencari pekerjaan tambahan.

Makanan di kampus  dapat dengan mudah didapatkan, tetapi makanan yang berada di lingkungan kampus berupa light meal (berupa sandwich atau salad).

Departemen Pendidikan New South Wales juga memiliki sekolah bahasa untuk pelajar tahun 9 sampai 12. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://www.theopenhs-d.schools.nsw.edu.au/