Pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2013 di KJRI Sydney

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 17 Agustus 2013, telah dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-68 di Wisma Indonesia KJRI Sydney, Rose Bay. Acara dimulai jam 10:00 dengan dihadiri oleh para tokoh masyarakat Indonesia, para undangan dan anggota Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka Indonesia Nomor Australia 001 dan 002.

Paskibra

Rangkaian upacara sepenuhnya dilaksanakan oleh Gudep Pramuka 001 dan 002 tersebut yang terdiri dari anak-anak masyarakat Indonesia dari berbagai organisasi kemasyarakatan yang berada di wilayah New South Wales (NSW), Australia. Hal tersebut berbeda dengan praktek tahun-tahun sebelumnya dimana petugas upacara biasanya dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di perguruan tinggi di Australia dan staf KJRI Sydney.

Peserta Upacara

Selesai upacara, acara langsung dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi masyarakat Indonesia yang juga bertempat di Wisma Indonesia. Selain dihadiri oleh para peserta upacara yang datang dari pagi, terdapat anggota masyarakat Indonesia lainnya yang datang setelah upacara selesai. Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Konjen Sydney dan diisi dengan ramah-tamah dengan masyarakat. Jumlah yang hadir pada acara tersebut diperkirakan sekitar 500 orang.

Komandan Upacara



Secara keseluruhan, upacara kenaikan bendera berjalan dengan lancar walaupun dilaksanakan oleh para petugas upacara yang masih sangat muda dan baru pertama kali melakukannya.

Pengaktifan kembali Gudep Pramuka 001 dan 002 merupakan inisiatif yang disambut baik dan penuh antusias oleh masyarakat Indonesia di wilayah NSW mengingat kegiatan kepramukaan selain akan mencakup misi-misi kebudayaan juga akan mengaktifkan kembali penggunaan Bahasa Indonesia yang sudah tidak banyak dipergunakan lagi oleh generasi kedua dan ketiga WNI yang telah lama tinggal di Australia. (Sumber KJRI Sydney)