PESTA RAKYAT 2013 Brisbane

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 8 September 2013, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPIA) Queensland menyelenggarakan kegiatan “Pesta Rakyat 2013” di Brisbane, yang dihadiri oleh segenap lapisan masyarakat Australia dan Indonesia serta komunitas lain yang ada di Queensland, yang diperkirakan berjumlah 2000 orang.


Pesta Rakyat 2013 mengambil thema: Pandawa Lima: Clash of the Kingdom, menampilkan cerita legenda Pandawa dan Kurawa. Kegiatan acara dibagi dalam 2 bagian yakni acara Siang dan acara Malam. Acara siang menampilkan kegiatan kesenian dari organisasi masyarakat yang berada di Queensland. Disamping itu, KJRI Sydney melaksanakan kegiatan pendaftaran Pemilu, pelayanan lapor diri dan kekonsuleran serta pelayanan visa dan informasi keimigrasian lainnya. Sedangkan acara mLm melakaukan pertunjukan show Pandawa Lima: Clash of The Kingdom, yang sangat memukau penonton.




Menurut Ketua Panitia Pesta Rakyat 2013, Sdr. Venesa Supit, kegiatan Pesta Rakyat merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PPIA Queensland, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia di Queensland, Australia. Dalam Pesta Rakyat ini juga diperkenalkan hidangan masakan khas Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat Australia dan komunitas lainnya di Queensland, seperti nasi rendang, sate ayam dan kambing dsb. Menurutnya, Pesta Rakyat ini telah menjadi media informasi dan promosi Indonesia yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat di Queensland.



Dalam rangka melakukan kegiatan menjemput bola, KJRI Sydney melaksanakan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian kepada masyarakat setempat dengan mengambil momentum Pesta Rayat 2013 Brisbane. Kegiatan yang dilakukan  yakni: menerima pendaftaran Warga Negara Indonesia untuk ikut serta dalam Pemilihan Umum 2014. Menurut Akbar Makarti, Konsul Muda Pensosbud KJRI Sydney, WNI di Queensland yang mendaftar untuk ikut serta dalam Pemilu 2014 di telah mencapai diatas 100 orang. Demikian juga dalam pelayanan kekonusleran yang meliputi: pelayanan lapor diri masyarakat Indonesia yang baru datang di Australia, pelayanan penterjemahan dan pengesahan SIM Indonesia dalam Bahasa Inggris sebagai syarat untuk melakukan aplikasi SIM Australia, pelayanan pengesahan dokumen kerjasama bisnis pengusaha Australia dan Indonesia, pengsahan surat keterangan belajar, dan surat keterangan pindah masyarakat yang akan kembali ke Indonesia. Dalam bidang keimigrasian, KJRI Sydney melakukan kegiatan pelayanan visa kepada masyarakat asing yang akan berpergian ke Indonesia, pelayanan perpanjangan paspor masyarakat yang hampir habis masa berlakunya, serta pelayanan informasi keimigrasian.


Kegiatan jemput bola KJRI Sydney ini sangat membantu masyarakat Indonesia maupun masyarakat Australia dan komunitas asing lainnyan yang akan mengurus dokumen kekonsuleran dan keimigrasian, dari pada mereka harus datang ke kantor KJRI di Sydney maupun mengirimkan dokumen melalui surat dengan resiko hilang dalam perjalanan. Masyarakat sangbat berterimakasih kepada KJRI yang telah datang dari Sydney untuk melayani masyarakat di Queensland.


Secara keseluruhan kegiatan Pesta Rakyat 2013 berjalan meriah dan lancar, masyarakat Australia mendapat suguhan pertunjukan budaya dan atraksi masyarakat Indonesia yang kreatif dan inovatif. Kegiatan ini mendapat dukungan dari KJRI Sydney, Pemerintah Negara Bagian  Queensland dan Pemerintah Kota Brisbane. Disamping itu,. Terdapat sponsor lain seperti Pertamina, Patra Jasa, Kemenparekraf yang turut mendukung suskesnya Pesta Rakyat 2013. Pesta Rakyat 2013 ini merupakan media yang positif untuk mempromosikan Indonesia, dan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan multikultur terbesar masyarakat di Queensland yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia melalui PPIA Queensland