Meriah, Pertunjukan Kesenian dan Bahasa Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Jumat, tanggal 23 Agustus 2013, bertempat di Dulwich Hill Primary School, New South Wales, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney memfasilitasi pertunjukan dan pelatihan kesenian dengan thema “Great Gamelan”, yang dibawakan oleh kelompok kesenian Makukuhan, serta dihadiri oleh + 200 siswa kelas 5 dan 6 beserta para guru sekolah tersebut.
Acara dimulai dengan pengenalan tentang Indonesia termasuk menyampaikan hubungan Indonesia dan Australia sebagai negara bertetangga terdekat, memperkenalkan Bahasa Indonesia, pertunjukan permainan gendang, gamelan, tarian topeng dan tari kecak yang diakhiri dengan pelatihan gendang dan tari kecak.
Kelompok kesenian Makukuhan dibentuk sejak tahun 1999 di New South Wales, terdiri dari 4 orang masyarakat Indonesia, yaitu: Sdr. Deva Permana, Reza Iskak, Murtala, dan Efic, yang dalam penampilannya sangat memukau dan mendapat perhatian yang mendalam dari para siswa dan guru sekolah.
Para siswa dan guru Dulwich Hill Primary School sangat bersemangat mempelajari Bahasa Indonesia yakni dengan mengucapkan kembali instruksi yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia ketika melakukan latihan menabuh gendang dan gemelan serta mengikuti gerak dan lagu tari kecak Bali yang diperagakan oleh kelompok seni Makukuhan.
Walaupun pelatihan ini dilakukan dalam waktu singkat, namun para siswa mampu mengikuti dan mempraktekan dasar-dasar permainan gamelan dan tari kecak dengan baik.
Setiap tahun, KJRI Sydney menyusun dan melaksanakan program pelangi yaitu mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia kepada masyarakat khususnya siswa sekolah di New South Wales, Australia. Dalam mempromosikan budaya dan bahasa ini, KJRI bekerjsama dengan kelompok-kelompok seni masyarakat Indonesia di New South Wales.

Mewakili KJRI Sydney, Konsul Pensosbud menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Ms. Seline Elks, Wakil Kepala Sekolah serta para guru dan siswa yang menghadiri kegiatan pertunjukan dan pelatihan kesenian Indonesia di sekolah tersebut. Ditambahkan pula bahwa program pelangi ini merupakan kegiatan KJRI yang dilakukan untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia serta hubungan baik antara Indonesia dan Australia kepada masyarakat khususnya siswa sekolah di New South Wales. (Sumber: Pensosbud KJRI Sydney)

?