Kegiatan HUT ke-68 Republik Indonesia di Cairns, Queensland

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Kegiatan ini diselenggarakan oleh organisasi Cairns Indonesian-Australian Association Incorporated (CIAA Inc) diketuai oleh Ramlah Staines, yang dalam sambutannya menyampaikan antara lain: kegiatan peringatan HUT RI ini dilaksanakan setiap tahun oleh CIAA Inc. untuk menggalang persatuan dan persaudaraan masyarakat Indonesia di Cairns. Ramlah Staines juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia di Cairns yang walaupun telah tinggal lama di Australia, namun harus tetap membawa nilai-nilai budaya dan demokrasi Indonesia, hidup bergotong royong, menjaga persatuan masyarakat di Cairns.



Kegiatan ini mendapat dukungan dari: Toy World, Tokunai Hair, Lenard’s The Best Fresh Chiken, Pan’s Asia, Inn Cairns Boutique Apartment.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu kebangsaan Australia “Advance Australia Fair”. Kemudian dilanjutkan dengan pagelaran sendra tari “Legenda Bawang Merah Bawang Putih”. Pagelaran sendra tari ini ditampilkan dalam bentuk alur cerita, dimulai dari kisah perjalanan Jaka Tarub meninggalkan kampung halamannya, pertemuan Jaka Tarub dan Bidadari Nila yang melahirkan Bawang Putih. Selanjutnya, kehidupan Bawang Putih dalam keluarga Ibu tiri dan Bawang Merah, saudara tirinya, dan diakhiri dengan terpilihnya Bawang Putih untuk dinikahkan dengan Raja.

Acara ditutup dengan penyampaian karangan bunga kepada sutradara/penulis acara: Sdr. Juiz Spiegelhauer oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra dan Konsul Pensosbud KJRI Sydney.

Menurut beberapa tokoh masyarakat Australia dan Indonesia yang hadir, acara peringatan HUT RI tersebut merupakan salah satu dari sedikitnya acara multi-kultur yang diadakan di Cairns, kota wisata di Queensland bagian utara. Mengingat sedikitnya kegiatan multi-kultur di kota tersebut, acara peringatan HUT RI ini mendapat perhatian yang luas dan antusias dari masyarakat Cairns dan sekitarnya untuk menghadiri acara tersebut.



Pelaksanaan kegiatan acara HUT RI ini sangat mendukung promosi tentang Indonesia di Cairns karena menampilkan kesenian dan pakaian adat Indonesia serta hidangan khas Indonesia.

 
Mewakili KJRI Sydney, Konsul Pensosbud menyampaikan antara lain: kegiatan Peringatan HUT RI ini sangat positif mendukung persaudaran dan kebangsaan masyarakat Indonesia, memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia, serta mendukung peran serta masyarakat Indonesia di Cairns dalam kegiatan multi-kultur dan kehidupan masyarakat yang harmonis di Queensland. (Sumber KJRI Sydney)