Penyelenggaraan Batik Exhibiton Dan Pagelaran Seni “Indonesia Experience: A Walk Across The Archipelago "

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 28 Oktober 2009, KBRI Suva telah menyelenggarakan kegiatan seni dan budaya bertajuk “Indonesian Experience: A walk across the archipelago” yaitu berupa:
 
  • Pameran batik dan kerajinan bambu hasil karya Pelatihan Batik dan Kerajinan Bambu yang diselenggarakan pada 1-28 Oktober 2009 berkerjasama dengan jurusan Seni Fiji Institute of Technology (FIT), serta koleksi batik KBRI Suva.
  • Pentas Seni dan Budaya Indonesia, menampilkan tari-tari tradisional sepertai Tari Saman, Tari Piring, Tari Indang yang dibawakan oleh kelompok Tari Fiji, “VOU Dance” yang telah berlatih selama dua minggu di bawah asuhan Susasrita Lora Vianti, dosen Jurusan Tari dari STSI Padangpanjang, Sumbar, dan Tari Pendet serta Pencak Silat Sunda yang dibawakan oleh para peserta BSBI 2009 asal negara-negara Pasifik yang baru saja menyelesaikan program mereka di tanah air. Selain itu juga ditampilkan Angklung-Arumba Band binaan KBRI Suva yang beranggotakan para alumni program BSBI dan Darmasiswa dari Fiji.
 
KUAI RI suva dalam sambutan pembukaan menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keragaman seni dan budaya yang berakar pada keragaman etnis dan suku bangsa. Meskipun memiliki berbagai macam budaya, namun bangsa Indonesia tetap satu seperti yang tercantum dalam semboyan nasional “Bhineka Tunggal Ika”. KUAI RI Suva sebelumnya juga mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta mendoakan para korban bencana gempa bumi Padang dan tsunami di Samoa serta bencana alam lainnya di wilayah Asia Pasifik.
 
Sekitar 300 undangan, termasuk korps diplomatik, pejabat pemerintahan Fiji, kalangan seniman, akademisi dan masyarakat umum, yang menghadiri Pameran Batik dan Pentas Seni Budaya Indonesia, tampak sangat terkesan akan keragaman dan keindahan seni dan budaya Indonesia. Tepuk tangan meriah dan decak kagum mewarnai setiap penampilan tari, musik dan lagu. (Pen/KBRI-Suva)