Antusiasme Publik Fiji Dalam Acara Talei Indonesia Di Suva

​Pada tanggal 4 – 5 Desember 2015, KBRI telah mengadakan acara seni dan budaya "Talei Indonesia" bertempat di Mall MHCC, Suva, Fiji. Selain bertujuan untuk mempromosikan ragam budaya Indonesia, acara juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan angklung dan tari kepada para alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) di Suva.

"Talei" adalah bahasa Fiji yang artinya "Wonderful". Dalam acara ini, KBRI secara khusus menghadirkan grup seni Sambasunda dari Bandung untuk datang ke Fiji dan menampilkan berbagai tarian, lagu dan musik angklung seraya mengajak publik Fiji berinteraksi dalam menari dan memainkan angklung. Selama dua hari kegiatan, sekitar 600 orang para pengunjung mall antusias berpartisipasi dalam sesi interaksi pelatihan angklung, dimana pengunjung diajak memainkan beberapa lagu barat yang cukup dikenal oleh khalayak luas. Mereka sangat tertarik dengan alat musik bambu tersebut, bahkan banyak dari mereka yang berminat untuk membeli angklung.

Hal lain yang mendapatkan sambutan meriah dari penonton, adalah penampilan kolaborasi alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan pelatih angklung Sambasunda. Kolaborasi tersebut menampilkan beberapa lagu barat, lagu tradisional Fiji dan lagu nasional Indonesia. Di antara lau yang ditampilkan adalah lagu “Bengawan Solo” yang juga terkenal di Fiji dengan judul “Tagimoucia”. Pada setiap akhir sesi pelatihan angklung, para audiensi dimanjakan dengan berbagai suguhan jajanan pasar khas Indonesia. Selain penampilan seni tari, musik dan pelatihan angklung, Talei Indonesia juga menampilkan berbagai produk – produk khas Indonesia yang beberapa dapat dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan di Fiji.