Perlindungan Hukum

Pemerintah Indonesia melalui perwakilannya di luar negeri memberikan perlindungan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) di luar negeri.

Perlindungan kepada WNI dan BHI di wilayah Swedia dilakukan berdasarkan dua tindakan yaitu : tindakan perlindungan preventif dan tidakan perlindungan represif. Langkah tersebut akan dilakukan oleh Perwakilan RI bekerjasama dengan instansi-instansi terkait setempat, seperti : Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Polisi, Dinas Intelijen dan Imigrasi setempat.

Tindakan Perlindungan Preventif
Tindakan perlindungan prenventif tidak saja dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akan tetapi juga dimaksudkan untuk membekali WNI dengan pengetahuan-pengetahuan mengenai peraturan-peraturan setempat agar apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, maka WNI tersebut dapat mengambil tindakan yang tepat.

Tindakan perlindungan preventif dilaksanakan secara terus-menerus tanpa mengenal batas waktu dan tempat.

Tindakan Perlindungan Represif
Pada dasarnya tindakan perlindungan represif yang dilakukan oleh Perwakilan RI adalah tindakan yang dilakukan setelah adanya tindakan aparat setempat, seperti : pengawasan oleh aparat setempat, penangkapan, penahanan, pemanggilan proses hukum, permintaan informasi, interogasi dll. Tidankan Perwakilan selanjutnya adalah memberikan bantuan hukum dan bantuan-bantuan kekonsuleran lainnya agar WNI yang bersangkutan diperlakukan secara adil sesuai dengan hak-haknya.

HIMBAUAN:
Untuk memberikan perlindungan yang maksimal, diharapkan bagi seluruh warganegara Indonesia yang berdomisili di Swedia dan Latvia melaporkan keberadaannya kepada KBRI Stockholm. Jika alamat, nomor telephone, dan alamat e-mail mengalami perubahan atau sudah tidak sesuai dengan data yang pernah diberikan terdahulu, KBRI Stockholm, mengharapkan agar masyarakat atau warganegara Indonesia di Swedia dan Latvia untuk memberikan alamat, nomor telephone, alamat e-mail yang terbaru. Ini untuk memudahkan komunikasi antara KBRI Stockholm dan warganegara Indonesia yang berdomisili di Swedia dan Latvia.

 

Harap Hubungi Nomor Telephone dibawah ini jika anda membutuhkan bantuan perlindungan hukum Kedutaan Besar Republik Indonesia di Stockholm di kontak berikut ini:

Alamat Kunjungan: Kungsbroplan 1, 4 tr, 112 27 Stockholm
Postal address: Embassy of Indonesia, Consular Affairs, Box 13062, 10302 Stockholm
E-mailstockholm.kbri@kemlu.go.id
Telephone: +46-8-545 55 880
Fax: +46-8-650 87 50
Waktu Kunjungan: Senin sampai Kamis: 09.30-12.00; Jumat: 10.00-11.00
Waktu Telepon: Senin sampai Kamis: 13.30-15.30; Jumat: 14.30-15.30