Lapor Diri

​​Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).

Untuk itu setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sangat diharapkan untuk melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di negara yang dikunjungi.

Lapor diri pada Perwakilan RI setempat sangat besar manfaatnya. Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Namun, apabila terjadi hal yang tidak diharapkan pada diri seorang WNI, maka tentunya akan jauh lebih mudah bagi Perwakilan RI (dalam hal ini Bagian Konsuler) setempat untuk membantunya jika WNI tersebut sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI. Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah, cepat dan tidak dipungut bayaran apapun.

Untuk kepentingan dan kenyamanan anda, dan mengoptimalkan perlindungan warganegara Indonesia yang berdomisili di Swedia, dan Latvia, setiap WNI yang tiba di Swedia dan Latvia dianjurkan untuk mendaftarkan / melaporkan diri di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Stockholm. Adapun cara pendaftaran / melapor diri adalah sebagai berikut:

- Dapat datang sendiri ke KBRI dengan membawa:

  • Formulir Lapor Diri yang telah ditandatangani dan di isi lengkap termasuk jumlah dan nama anggota keluarga yang menyertai. (Formulir Lapor Diri – Download di sini)
  • Paspor (Termasuk anggota keluarga jika memiliki paspor terpisah).
  • 1 lembar Photo ukuran 3 X 4

- Dapat mengirimkan dokumen yang dibutuhkan melalui surat tercatat, sebagai berikut:

  • Formulir Lapor Diri yang telah ditanda tangani dan di isi lengkap termasuk jumlah dan nama anggota keluarga yang menyertai. (Formulir Lapor Diri – Download di sini)
  • Paspor (Termasuk anggota keluarga jika memiliki paspor terpisah)
  • 1 lembar Photo ukuran 3 X 4
  • Satu buah amplop balasan dengan alamat lengkap pengirim disertai dengan perangko tercatat.

Pindah Alamat
Bagi WNI yang menetap di Swedia dan Latvia di sarankan untuk mengirimkan alamat yang baru ke KBRI bila anda pindah alamat tempat tinggal, ganti nomor telpon, atau alamat email melalui surat. Data tersebut dipergunakan untuk mempermudah tugas KBRI dalam menyampaikan informasi dan hal lainnya yang penting diketahui WNI sendiri.

Catatan:
Bila terdapat hal yang belum jelas diharapkan dapat menghubungi KBRI untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.
Kedutaan Besar Republik Indonesia
Bagian Konsuler dan Pelayanan Masyarakat

Alamat Kunjungan: Kungsbroplan 1, 4 tr, 112 27 Stockholm
Postal address: Embassy of Indonesia, Consular Affairs, Box 13062, 10302 Stockholm
E-mail: stockholm.kbri@kemlu.go.id​
Telephone: +46-8-545 55 880
Fax: +46-8-650 87 50
Waktu Kunjungan: Senin sampai Kamis: 09.30-12.00; Jumat: 10.00-11.00
Waktu Telepon: Senin sampai Jumat: 09.30-12.00