Resepsi HUT RI ke-70 di Swedia dengan Tumpengan

Sebelum menyerahkan tumpeng Nasi Kuning kepada Tamu Kehormatan, Wakil Menteri Pertahanan Swedia, Y.M. Jan Salestrand, Dubes Dewa Made Sastrawan menyatakan bahwa dengan menyelenggarakan Tumpengan Nasi Kuning pada saat Resepsi Diplomatik tersebut, maka para undangan diajak merayakan syukuran HUT RI ke-70 dan Peringatan 63 tahun hubungan bilateral Indonesia-Swedia seperti halnya syukuran yang dilaksanakan di Indonesia.
 
Selanjutnya dalam kata sambutannya Dubes Dewa Made Sastrawan menegaskan bahwa dengan tekad dan semangat "Ayo Kerja" yang dicanangkan dalam peringatan HUT RI ini, diyakini Pemerintah Indonesia bertekad untuk bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan dan memperluas kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Swedia di tahun-tahun mendatang.
 
Wakil Menteri Pertahanan Swedia, Y.M. Jan Salestrand menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra utama Swedia di kawasan Asia dan senang melihat kerjasama bilateral kedua negara yang semakin menguat dan semakin modern, khususnya di bidang kerjasama pertahanan dan industri pertahanan antara Swedia dengan Indonesia. Lebih jauh Wakil Menteri Pertahanan Swedia menyatakan senang menjadi tamu kehormatan dalam acara Tumpengan Resepsi Diplomatik tersebut dan menyatakan bahwa  Resepsi Diplomatik dengan Tumpeng Nasi Kuning ini sangat unik yang akan diingat selamanya oleh masyarakat internasional di Swedia.
 
Ny. Hanna Sastrawan menyatakan bahwa dengan menyajikan Tumpeng Nasi Kuning dengan lauk Ayam Bumbu Rujak, Urap Sayur, Sambel Goreng Tempe, Udang Balado, Perkedel Kentang dan Telor Dadar, ditambah dengan aneka sambal, aneka kerupuk, Bubur Ketan Hitam dan Kue Lapis Beras dalam Resepsi Diplomatik tersebut, para tamu dapat mengalami secara langsung perayaan seperti halnya masyarakat Indonesia menyelenggarakan acara syukuran dengan Tumpengan. Ditambahkan bahwa dengan mencicipi minuman Bir Pletok yang disajikan dan mencium berbagai rempah Indonesia yang ditunjukan dalam Resepsi, para undangan benar-benar merasakan satu perjalanan kulinari ke Indonesia.
 
Koordinator acara Resepsi Diplomatik tersebut, Sekretaris Kedua Ira Mamesah menyatakan bahwa lebih dari 400 orang tamu hadir memenuhi Concert Hall Stockholm, yang juga merupakan Gedung penyerahan Hadiah Nobel dan mereka semua menyampaikan sangat menyukai makanan dan suasana Tumpengan Nasi Kuning tersebut.
 
Winda Pasadena, Mahasiswa Indonesia yang besar di Sumatra Barat, saat ini studi master bidang Bio-entrepreneurship di Karolinska Institute Stockholm menyatakan sangat bangga dan senang dapat tampil menarikan Tari Piring dan memimpin penampilan Tari Saman anggota PPI Swedia dalam Resepsi Diplomatik Peringatan HUT RI ke-70 tersebut.​