Kunjungan Perdana Menteri Swedia ke Indonesia, 13-14 November 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Perdana Menteri (PM) Swedia Frederik Reinfeldt telah melakukan Kunjungan Kerja ke Indonesia pada tanggal 13-14 November 2012. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan seorang Perdana Menteri  Swedia ke Indonesia yang pertama kali sejak dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Swedia  pada tahun 1952.

Dalam kunjungan tersebut, kedua pemimpin telah melakukan Pertemuan Bilateral dan menyepakati Joint Press Statement by the President of the Republic of Indonesia, H.E. DR. Susilo Bambang Yudhoyono and the Prime Minister of the Kingdom of Sweden, H.E. Fredrik Reinfeldt on Sweden-Indonesia: Towards an Enhanced and Modern Partnership. Dalam Pertemuan Bilateral tersebut Presiden RI dan PM Swedia sepakat bahwa dalam jangka menengah akan memberikan prioritas pada kerjasama bilateral pada bidang-bidang; investasi dan perdagangan, lingkungan hidup, pendidikan, pariwisata dan kesehatan. Untuk itu, kedua Kepala Pemerintahan sepakat untuk menugaskan Kementerian Luar Negeri masing-masing agar meningkatkan konsultasi bilateralnya dalam rangka peningkatan kerjasama di berbagai bidang, baik di tingkat bilateral, regional maupun global.

Dalam kunjungan ini, Perdana Menteri Swedia dan rombongan juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo guna menjajagi kerjasama pembangunan sarana ekonomi dan melihat pemandangan Jakarta dari puncak Tugu Monas. Dalam kunjungan tersebut Perdana Menteri Swedia didampingi oleh 38 orang pengusaha dan melakukan temu usaha. Perdana Menteri dan rombongan pengusaha juga berkunjung ke Astra Internasional di Sunter, Jakarta Utara, guna melakukan dialog dengan pengelola perusahaan Astra yang memiliki kerjasama dengan perusahaan Swedia Scania untuk memproduksi off-road truck (truk untuk pertambangan) di Indonesia sejak tahun 2004.?