Acara “Glimpse of Indonesian Textile and Culture” di Wisma Duta, Stockholm

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?KBRI Stockholm bekerja sama dengan Museum Textil Jakarta pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2012 telah menyelenggarakan acara ”Glimpse of Indonesian Textile and Culture” bertempat di Wisma Duta KBRI. Hadir dalam kesempatan ini Duta Besar India untuk Kerajaan Swedia, para istri Duta Besar dari perwakilan negara sahabat, Diplomatic Women’s Club, International Women’s Club, Dharma Wanita Persatuan, sahabat Indonesia dan Diaspora Indonesia di Stockholm.

Dalam acara ini diselenggarakan ”Small Talk” yang dibawakan oleh Alex Komang, mengenai peranan dunia film di Indonesia dalam mendorong apresiasi masyarakat muda Indonesia terhadap budaya tradisional Indonesia, khususnya budaya produksi kain tenun. Presentasi ini didahului oleh pemutaran trailer filem ”The Champ” yang bercerita tentang kehidupan seorang anak di Sumba yang bercita-cita memenangkan lomba pacuan kuda yang sangat erat kaitannya dengan masyarakat Sumba sebagai produsen textil tradisional Sumba yang sangat terkenal. Acara diselingi oleh penampilan tari-tarian tradisional dari Lampung, Sumatera Selatan.

Selama berlangsungnya acara diadakan pameran kain-kain tradisional Indonesia disertai dengan bazaar serta kriya tradisional yang menggunakan bahan kain tradisional Indonesia. Selain itu diadakan pula workshop membatik dimana para tamu dapat mencoba membatik dengan menggunakan canting dan malam.