Diaspora Indonesia Stockholm Pentas Gamelan dan Wayang Kulit Jawa

3/20/2013

 

?Pada hari Sabtu, 16 Maret 2013, bertempat di Tibble Theatre, Täby, Stockholm, KBRI Stockholm menyelenggarakan Promosi Budaya dan Kulinari Indonesia dengan menampilkan pementasan Gamelan Jawa dan Wayang Kulit Jawa yang dimainkan oleh Diaspora Indonesia yang tinggal di kota Stockholm dan sekitarnya. Gamelan Jawa milik KBRI Stockholm dimainkan oleh Kelompok Gamelan Jawa Diaspora Indonesia ’Riris Genta Raras’ binaan KBRI Stockholm dan sebagaimana biasanya Duta Besar, Dewa Made J. Sastrawan, turut bermain gamelan pada saat promosi budaya tersebut. KBRI Stockholm juga telah berhasil membina warga Swedia, Urban Wahlstedt, yang memiliki koleksi wayang Jawa,  untuk menjadi dalang pada saat pementasan tersebut. Pada saat tersebut juga diadakan acara bazzar yang diikuti oleh 25 peserta yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Indonesia serta barang-barang kerajinan Indonesia. Makanan yang disajikan antara lain adalah Nasi Kuning, masakan Padang, aneka kue asli Indonesia dan bahan makanan asli Indonesia seperti tahu dan tempe, yang semuanya terjual habis. Acara promosi budaya dan kulinari Indonesia tersebut dihadiri oleh lebih dari 300 orang yang utamanya adalah Diaspora Indonesia dan masyarakat Swedia yang tinggal di Stockholm. Hadir pula beberapa tamu wakil pemerintah setempat dan Dubes Thailand beserta isteri.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia, Dewa Made J. Sastrawan menyatakan bahwa Kelompok Gamelan Diaspora ’Riris Genta Raras’ di Stockholm telah terbukti menjadi elemen utama Diaspora Indonesia di Stockholm dalam mendukung promosi budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa di Swedia. Di samping itu Anik Sundqvist yang terpilih sebagai Ketua Indonesian Diaspora Networks – Stockholm pada tanggal 19 januari 2013, dalam sambutannya menyatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya pementasan gamelan dan wayang Jawa yang sepenuhnya dimainkan oleh para diaspora Indonesia yang tinggal di Stockholm karena ini menunjukkan bahwa meskipun jauh dari tanah air, para Diaspora Indonesia di Stockholm memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya bermain gamelan. Lebih lanjut Anik Sundqvist menyatakan bahwa dirinya, bersama-sama dengan Wakil  (Katrun Nada Danielsson) dan  Sekretaris (Deni Mårdvall) Indonesian Diaspora Network – Stockholm akan terus meningkatkan upaya agar diaspora Indonesia di Stockholm berperan aktif dalam mempromosikan budaya Indonesia di Stockholm dan untuk itu penguatan Kelompok Gamelan Diaspora Indonesia di Stockholm merupakan hal yang akan menjadi perhatian utama dalam kepengurusannya.

Diaspora Indonesia di Stockholm sangat antusias atas peran aktif KBRI untuk menyelenggarakan acara promosi budaya dan kulinari Indonesia dengan sepenuhnya melibatkan Diaspora Indonesia dalam penyelenggaraan acara tersebut. Semua yang hadir sangat menikmati acara pertunjukan gamelan dan wayang Jawa serta makanan dan minuman yang dijual. Baik Diaspora Indonesia maupun masyarakat Swedia yang hadir sangat mendukung agar acara promosi budaya dan kulinari oleh diaspora dengan dukungan KBRI Stockholm tersebut dapat diadakan secara rutin setiap tahun sekali.

 

                                                                                                                                                        Stockholm, 16 Maret 2013

                                                                                                                                                        KBRI Stockholm