Undangan Dialog dengan Tema "Indonesia's Sustainable Palm Oil" di KBRI Stockholm

Sawit merupakan produk eksport unggulan penyumbang devisa yang sangat besar bagi Indonesia saat ini. Pada tahun 2015, produk kelapa sawit Indonesia menguasai pasar dunia. Dari 59,6 juta ton produksi minyak sawit dunia pada 2014, sekitar 31,3 juta ton atau 52% dihasilkan dari Indonesia. Gabungan Asosiasi Pengusahan Kelapa Sawit Indonesia GAPKI mencatat, nilai ekspor minyak sawit sepanjang 2015 mencapai US$18,64 miliar atau sekitar Rp250 triliun lebih. Sektor sawit Indonesia juga memberikan sumbangan besar bagi penyerapan tenaga kerja serta pendapatan daerah.

Namun produk ekspor unggulan Indonesia ini seringkali mendapatkan kritikan baik dari kalangan dalam negeri maupun luar negeri. Isu kebakaran hutan, ancaman terhadap kelestarian lingkungan dan perlindungan satwa liar serta dampak negatif terhadap kesehatan seringkali dikaitkan dengan industri sawit.

Banyak upaya-upaya yang telah dilakuan baik oleh Pemerintah maupuan kalangan swasta Indonesia yang bergerak di bidang industri sawit untuk memastikan bahwa kegiatan perkebunan dan pengolahan hasil sawit memenuhi aspek lingkungan dan juga kesehatan. Fakta-fakta tersebut kiranya perlu juga diketahui oleh masyarakat Indonesia baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Agar bangsa kita memiliki pemahaman yang utuh mengenai industri sawit Indonesia.

Untuk itu, KBRI Stockholm bekerjasama dengan GAPKI, bermaksud menyelenggarakan dialog dengan tema "Indonesia's Sustainable Palm Oil" yang akan diselenggarakan pada:

  • Hari/tanggal :  Minggu, 15 Mei 2016
  • Jam              :  11.00 s/d 14.00
  • Tempat        : Gedung KBRI Stockholm, Kungsbroplan 1, lantai 4, Stockholm 11227
  • Pembicara  : Bapak Togar Sitanggang, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Wakil Indonesia di Steering Committee Europan Palm Oil Alliance (EPOA)
  • Sambutan Pembukaan          :  Duta Besar RI Stockholm


Mengingat keterbatasan tempat, mohon konfirmasi kehadiran melalui email: stockholm.kbri@kemlu.go.id paling lambat dapat kami terima pada hari Jumat, 13 Mei 2016 pukul 18.00.


Demikian, besar harapan kami Bapak/Ibu/Saudara dapat hadir dalam acara dimaksud.