Tentang Pelayanan Perwakilan

KRI Songkhla sebagai Perwakilan Republik Indonesia pada tingkatan Konsulat didirikan di Songkhla pada tahun 1997.   Wilayah kerja Konsulat RI di Songkhla, sesuai Surat Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1995 tanggal 5 Juni 1995,  meliputi keseluruhan 14 propinsi di kawasan Thailand Selatan, yaitu Krabi, Chumpon, Trang, Nakhon Si Thamarat, Narathiwat, Pattani, Phangnga, Phatthalung, Phuket, Yala, Ranong, Songkhla, Satun dan Surat Thani.

Dalam melaksanakan tugas sebagai Perwakilan Republik Indonesia pada tingkatan Konsulat untuk wilayah yursidiksi Thailand Selatan, KRI Songkhla  menyelenggarakan fungsi: ​

  1. Perlindungan terhadap kepentingan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di wilayah kerja Thailand Selatan dalam wilayah Kerajaan Thailand.
  2. Pemberian bimbingan dan pengayoman terhadap Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di wilayah kerja Thailand Selatan dalam wilayah Kerajaan Thailand.
  3. Peningkatan hubungan perekonomian, perdagangan, perhubungan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan;
  4. Pengamatan, penilaian, dan pelaporan mengenai kondisi dan perkembangan di wilayah kerja  Thailand Selatan dalam wilayah Kerajaan Thailand.
  5. Kegiatan manajemen kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengamanan internal komunikasi perwakilan.
  6. Fungsi-fungsi lain sesuai dengan hukum dan praktek internasional.