“The Southern Regional Cultural Festival 2012, The Culture of ASEAN Peace”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KRI Songkhla telah berpartisipasi pada “The Southern Regional Cultural Festival 2012, The Culture of ASEAN Peace” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Kerajaan Thailand bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Propinsi Pattani pada tanggal 7 – 9 Juni 2012, di halaman depan Hotel CS Pattani. Festival ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan pariwisata dan mempromosikan kebudayaan Thailand Selatan serta mendorong kerjasama kebudayaan diantara peserta, khususnya di antara negara tetangga di kawasan ASEAN dalam rangka menciptakan ASEAN Economic Community tahun 2015. Festival kebudayaan ini merupakan acara tahunan yang diadakan untuk 5 propinsi perbatasan di Thailand Selatan, yaitu Songkhla, Yala, Pattani, Narathiwat dan Satun.

 

Pada kesempatan tersebut, KRI Songkhla menampilkan beberapa tarian tradisional Indonesia antara lain Tari Rantak, Tari Payung, Tari Puspan Jali, Tari Wiranata, Tari Kebyar Duduk, Tari Legong Kraton serta beberapa lagu keroncong, seperti Langgam Yen Ing Tawang, Keroncong Telomoyo, dan Keroncong Bandar Jakarta. Tari dan lagu tersebut dibawakan oleh staf lokal KRI Songkhla dengan dibantu dosen dari Thaksin University, yang merupakan alumni beasiswa Dharmasiswa bidang seni tari tahun 2005 dan Program Beasiswa Seni Budaya Indonesia tahun 2006 di Bali, beserta beberapa orang mahasiswanya. Tari dan lagu tradisional Indonesia ini mendapat perhatian besar dari para penonton.

 

Partisipasi KRI Songkhla dalam acara ini merupakan bukti eratnya hubungan Indonesia dengan Thailand, khususnya di wilayah Selatan. Bahkan dengan kehadiran Kepala Perwakilan Indonesia dan Malaysia menujukkan kondusifnya kondisi di Pattani sehingga festival dapat terselenggara dengan aman dan lancar.