Partisipasi Indonesia pada IMT-GT Trade Fair 2012, Hat Yai

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Stand Indonesia pada IMT-GT 2012 telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Songkhla dan Konsul RI Songhla pada tanggal 27 Agustus 2012 bertempat di Prince of Songkhla University Convention Hall, Hat Yai. Sejak itu hingga tanggal 2 September 2012 para pengunjung mulai berdatangan khususnya ke stand Indonesia yang tampak menonjol ke-Indonesia-annya, dan diikuti oleh beberapa propinsi dari Sumatera dan pengusaha Indonesia dengan menampilkan berbagai produk yang disesuaikan dengan pasar di Thailand Selatan antara lain pakaian muslim, batik, kerajinan, makanan, sarana penerbangan (Garuda Indonesia) dan Polytron TV/Audio produk Indonesia.

 

Pemda Songkla menyelenggarakan pameran ini dengan tujuan untuk menggalakkan iklim perdagangan, khususnya untuk mengembangkan usaha kecil menengah di antara propinsi dan pemerintah bagian yang menjadi anggota dari pada segitiga pembangunan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT). Disamping pameran dagang, juga diadakan Temu Bisnis dan ditampilkan kesenian dari Indonesia, propinsi-propinsi di Thailand Selatan dan peragaan pakaian dari perusahaan-perusahaan peserta pameran.

 

Pada kesempatan kali ini tampak lebih banyak peserta dari propinsi-propinsi di Sumatera antara lain Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan beberapa perusahaan dari Indonesia yang berpartisipasi pada pameran ini adalah Garuda Indonesia; Polytron Indonesia; CV Hazna/Shasmira dari Bandung; Rasoki Gallery dan Winda Songket dari Propinsi Riau ; Atha Songket dan Putra Sriwijaya Souvenir dari Propinsi Sumatera Selatan ; Blang Rakal Meat Products dan Ulee Kareng Coffee dari Propinsi Aceh. Untuk menyemarakan suasana, Dharma Wanita Persatuan KRI Songkhla juga turut berpartisipasi dengan menggelar produk pakaian batik dan makanan khas Indonesia.

 

Peresmian pembukaan pameran dilakukan oleh Gubernur Songkhla, dengan didahului oleh penampilan cultural show dari masing-masing negara anggota IMT-GT. Pada kesempatan tersebut, group tari dari Kabupaten Sinjunjung dan Kota Medan telah mewakili Indonesia dengan beberapa tariannya yang cukup semarak. Kemudian setelah membuka stand Indonesia dilanjutkan peninjauan dan pemberian cendera mata dari Konsul RI Songkhla, wakil dari Pemda Riau dan Sumatera Selatan kepada Gubernur Songkhla.