Informasi Umum tentang Bulgaria

​​Profil

Ibukota :

Sofia

​Kepala Negara :

Rumen Radev (sejak Januari 2017)


Sistem Pemerintahan:Republik Parlementer
Kepala Pemerintahan:Boyko Borisov (sejak Mei 2014 (Diangkat sebagai PM untuk yang ketiga kalinya))
Kepala Parlemen:Dimitar Glavchev (sejak April 2017)
Menteri Luar Negeri:Ekaterina Gecheva-Zaharieva (sejak 4 Mei 2017)
Bahasa Nasional:Bahasa Bulgaria
Agama:Mayoritas Kristen Ortodoks
Hari Nasional:3 Maret (Hari Pembebasan Bulgaria)
Luas Wilayah:110,994 km2 (42,855 sq mi)
Jumlah Penduduk:7,101,859 jiwa (NSI, 2016)     
Mata Uang:Leva Bulgaria (BGN)
GDP:US$ 52.395 milyar (World Bank, 2016)
Pendapatan Perkapita:US$ 7470 (World Bank, 2016)
Pertumbuhan GDP:3,5% (NSI, 2017)
Cadangan Devisa:US$ 25,176 (World Bank. 2016)
Total Perdagangan Masuk:US$ 30.769 juta (NSI, 2016)
Total Investasi Keluar:US$ 165 juta (BNB, 2016)
Total Wisatawan Keluar:5.392.109 (NSI, 2016)
Industri Unggulan:Industri metalurgi, listrik, elektronik, mesin dan peralatan, galangan kapal, petrokimia, semen dan konstruksi, tekstil, makanan dan minuman, pertambangan, pariwisata
Perwakilan Bilateral:KBRI Sofia di Bulgaria dan Kedutaan Besar Republik Bulgaria di Jakarta
Komoditas Ekspor Utama:Bahan bakar mineral (minyak non crude, batu bara, gas, dll) tembaga, peralatan listrik dan elektronik, mesin, sereal, article pakaian, produk farmasi dl
Komoditas Impor Utama:Bahan bakar mineral (CPO, minyak non crued, gas,dll), mesin, peralatan listrik dan elektronik, kendaraan selain railway dan tramway, ores, plastik, dll.
Forum Bilateral:Forum Konsultasi Bilateral (FKB), Sidang Komisi Brsama (SKB)​

Perjalanan ke Bulgaria

Bulgaria merupakan negara di kawasan Eropa Timur yang terkenal sebagai penghasil yogurt terbaik di dunia dengan bentang alam yang masih terjaga, negara ini terkenal dengan produk bunga mawar-nya dan mineral spring water.

​Secara geografis, Bulgaria terletak pada 42˚45 LU dan 25˚BT. Dengan luas wilayah 110.994 km², Bulgaria menjadi negara terluas ke-16 di Eropa. Beberapa kawasan pegunungan membatasi bentang alamnya, yang paling terkenal adalah Pegunungan Balkan dan Pegunungan Rodopi, juga Pegunungan Rila. Pesisir Laut Hitam sepanjang 378 km meliputi seluruh batas timur negara ini. Republik Bulgaria berbatasan dengan Rumania, Serbia, Makedonia, Yunani dan Turki.

Pemerintahan Bulgaria berbentuk republik parlementer dengan Presiden saat ini yaitu Rumen Radev dan Perdana Menteri Boyko Borisov. Beribu kota di Sofia dengan Bahasa resmi Bulgaria. Populasi Bulgaria sebesar 7 juta orang dengan mayoritas penduduk memeluk agama kristen ortodox.

Indahnya alam dan arsitektur bangunan di Bulgaria sangatlah menarik. Anda bisa melihat bangunan-bangunan peninggalan Ottoman dan bangunan komunis Bulgaria dulu seperti monumen Buzludzha.

Estimasi rata-rata biaya hidup sehari-hari di Bulgaria:

  • Murah              : Dorm bed 18-22 Leva (sekitar Rp 144.000-Rp 176.000), room in a simple guesthouse 25-50 Leva (sekitar Rp 200.000-Rp 400.000), meals from cafeteria 5-10 Leva (sekitar Rp 40.000-Rp 80.000), public transportation 1 Leva (sekitar Rp 8.000)
  • Menengah       : Double room in a midrange hotel 60-80 lev (sekitar Rp 480.000-  Rp 640.000), lunch and dinner in quality restaurant 20-30 lev (sekitar  Rp 160.000-Rp 240.000), taksi dari bandara ke pusat kota Sofia or Plovdiv  15 Leva (sekitar Rp 120.000)
  • Mahal              : Double room in top-end hotel 150-300 Leva (sekitar Rp 1.200.000-Rp 2.400.000), three-course meals with wine in top-end restaurants 30-55 Leva (sekitar Rp 240.000-Rp 440.000), spa treatment 30 Leva (sekitar Rp 240.000)

Info lebih lanjut, dapat mengunjungi laman http://www.lonelyplanet.com/bulgaria/money-costs

 

Mata Uang dan Alat Transaksi

Mata uang Bulgaria adalah Bulgarian Leva (BGN). Untuk uang koin disebut sebagai Stotinki. Kartu kredit dan debit sudah umum digunakan di Bulgaria, akan tetapi ada bank Indonesia tertentu yang belum memiliki kerja sama dengan bank di Bulgaria sehingga disarankan untuk membawa lebih 1 kartu dengan bank yang berbeda.

Untuk 1 Leva = ± 8000 Rupiah

Untuk 1 Euro = ± 1,96 Leva

Untuk 1 US Dollar = ± 1,65 Leva

Syarat Keimigrasian

Warga Negara Indonesia yang akan memasuki Bulgaria, diharuskan untuk memiliki visa. Bulgaria memberikan fasilitas bebas visa kepada pemiliki visa Schengen untuk memasuki Bulgaria dengan masa tinggal selama 90 hari.

​Bagi WNI yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait visa Bulgaria atau akan mengajukan permohonan visa Bulgaria, dapat mengunjungi website Kementerian Luar Negeri Bulgaria http://www.mfa.bg/en/pages/109/index.html.

Terdapat kantor perwakilan Bulgaria di Jakarta dengan beralamatkan:

Kedutaan Besar Republik Bulgaria untuk Indonesia

Jalan Imam Bonjol no. 34-36 10310, Jakarta

Telepon: +62213904048; +62 21 391 31 30

 

Zona dan Perbedaan Waktu

Ketika di musim panas, selisih waktu antara Indonesia bagian barat dengan Bulgaria adalah 4 jam (GMT+3) dimana waktu Indonesia bagian barat lebih dulu daripada Bulgaria. Akan tetapi ketika di musim dingin sekitar bulan november sampai bulan maret berubah menjadi GMT+2.

 

Jenis Soket dan Colokan Listrik

Tipe F (dua kaki bulat) sama dengan Indonesia

City Tour

Terdapat fasilitas free walking tour di Sofia dan tidak memerlukaan reservasi jika ingin bergabung dengan tour. Durasi tour selama 2 jam dan selalu ada tour untuk setiap hari. Karena tidak diperlukan reservasi, jika ingin mengikuti kegiatan tour hanya perlu datang langsung di meeting point yang berada di Palace of Justice. Info lebih lanjut terkait tour bisa membuka laman www.freesofiatour.com

 

 

Telekomunikasi dan Koneksi Internet

Koneksi internet sangat dibutuhkan, di Bulgaria free wi-fi mudah untuk ditemukan di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan pusat kota. Apabila ingin memiliki nomer Bulgaria dan koneksi internet pribadi, dapat membeli pre-paid card. Rata-rata pre-paid card Bulgaria dijual dengan harga 10 Leva dengan koneksi 4 GB dengan 100 menit telpon. Masa berlaku pre-paid card selama 20 hari dan dapat ditemukan dengan mudah di beberapa tempat umum seperti di kawasan stasiun kereta bawah tanah (metro).

 

Transportasi

Transportasi di Bulgaria terbilang cukup memadai bagi Warga Negara Indonesia yang gemar berwisata. Ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan seperti taxi, trem, bis dan metro. Perlu diketahui bahwa Bulgaria tidak memiliki transportasi berbasis online seperti taksi yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Untuk transportasi umum seperti bus dan metro, terbilang sangat terjangkau dengan membayar tidak lebih dari 1,6 Leva untuk sekali perjalanan atau setara dengan Rp 12.800. Terdapat juga kartu transportasi yang bersifat unlimited yang dapat digunakan selama 1 bulan dengan membayar 50 Leva dan untuk pelajar bisa mendapatkan potongan setengah harga dengan menunjukkan kartu pelajar. Rata-rata transportasi umum di Bulgaria, kecuali taksi, beroperasi sejak pukul 04.30 hingga 23.00.

 

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bulgaria:

1. Rose Festival, Kazanlak.
RoseKazanlak.jpg
Sumber gambar: inestravel.bg

2. Buzludzha Monument​buzludzha.jpg
The House-Monument of the Bulgarian Communist Party at the Buzludzha peak. Photo: Corey Byrnes/ Flickr
3. Burgas

burgas.jpgSumber gambar: gotoburgas.com

4. Plovdiv

Sumber gambar: ​​visitplovdiv.com​
5. VarnaSumber Gambar : varna.bg

6. Nassebar

Sumber Gambar : visitnessebar.oerg

7. Belogradchik

 

Sumber Gambar : visitbulgaria.net

8. Koprivshtitsa

Sumber Gambar : citysightseeing.bg

 

Keamanan berliburan

A.    Tingkat Keamanan: Wajar

B.     Terorisme
Diharapakan Warga Negara Indonesia yang hendak melakukan perjalanan ke Bulgaria untuk meningkatkan kewaspadaan. Rata-rata serangan terorisme yang terjadi di sejumlah kota di Eropa termasuk Brussels, Paris, Copenhagen, Glasgow, London, Madrid, Moskow, Oslo dan Volgograd terjadi di angkutan umum dan transpotasi, serta sejumlah tempat umum yang sering dikunjungi oleh orang asing.

C.      Kriminalitas
Tingkat kriminalitas di Bulgaria masih berada di tahap wajar, walaupun begitu kewaspadan harus tetap terjaga terhadap kejahatan seperti copet, jambret, perampokan di ATM dan penipuan kartu kredit. Selain itu mengingat terdapat ancaman terorisme di kawasan Eropa, jangan pernah meninggalkan makanan atau minumam tanpa pengawasan. Wisatawan harus waspada terhadap kemungkinan 'spiking drink' (pencampuran minuman) pada malam hari di klub malam, hal ini meningkatkan resiko pencurian dan kekerasan seksual, khususnya kepada wisatawan. Kelompok penjahat teroganisir aktif di kasino dan di klub malam, mereka terlibat dalam bisnis prostitusi. Walaupun jarang, kejahatan yang melibatkan pengeboman dan saling tembak dapat terjadi yang biasanya disebabkan oleh persaingan antar geng. Penipuan internet juga kerap kali terjadi di Bulgaria.

D.    Kerusuhan dan ketegangan politik

Protes dan demonstrasi harus dihindari karena dapat terjadi kekerasan. Rakyat bulgaria secara rutin mengadakan demonstrasi untuk memprotes atau mendukung tujuan tertentu; namun, sebagian besar gerakan protes anti pemerintah dari tahun 2013 telah menghilang.

E.     Uang dan benda berharga

Transaksi umumnya dilaksanakan secara tunai. Namun demikian, penggunakan kartu kredit/debit terus meningkat. Usahakan menukar uang di bank, hotel besar, atau biro penukaran uang, dan hindari menukarkan uang di tempat penukaran yang tidka resmi. Kemudian, identitas diri seperti paspor merupakan dokumen berharga yang menarik bagi penjahat yang mungkin mencoba untuk menggunakan identitas anda untuk melakukan kejahatan. Perlu diingat untuk selalu menyimpan paspor ditempat yang aman. Apabila paspor hilang untuk sesegera mungkin menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat.

Hukum

A.    Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Republik Bulgaria, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan perturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditaham oleh otoritas setempat. Merokok di tempat umum dan tertutup dapat dikenakan denda hingga 500 Euro. Tidak dizinkan mengambil foto-foto instalasi militer dan lokasi yang dilarang lainnya.

B.     Penangkapan dan penahanan
Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat lainnya, agar segera memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untu tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

Kesehatan

Perlu diketahui bahwa rabies merupakan penyakit endemik di Bulgaria. Berjalan-jalan di daerah hutan dapat membawa resiko paparan tick-borne ensefalitis dan kutu, sangat umum di wilayah Bulgaria dan aktif saat musim semi ke musim gugur. Fasilitas medis di Bulgaria cukup terbatas sehingga akan lebih baik apabila mempersiapkan asuransi perjalanan sebelum keberangkatan.

Untuk pemesanan penginapan, dapat dilakukan dengan melalui website www.booking.com untuk memesan tempat menginap secara mudah tanpa uang muka, walaupun ketika memesan diperlukan informasi kartu kredit. Infromasi kartu kredit tersebut hanya sebagai jaminan apabila Anda akan benar-benar menginap di penginapan tersebut. Biasanya apabila ingin membatalkan pemesanan, tidak dikenakan biaya pembatalan akan tetapi hal tersebut kembali dari peraturan tiap penginapan. Akan lebih baik untuk membaca segala fasilitas yang diberikan dan syarat-syarat apabila akan melakukan pembatalan sebelum melakukan pemesanan.

Di bawah ini merupakan nomer-nomer penting yang dapat dihubungi ketika berada di Bulgaria:

  1. 112 – SOS
  2. 150 – Ambulans
  3. 160 – Pemadam Kebakaran
  4. 166 – Kepolisian
  5. 088 161 – BULSAR (Bulgarian Black Sea Search & Rescue)
  6. 1286 – Car breakdown service (Sofia)
  7. 146 – Car breakdown service (di luar Sofia)
  8. Layanan Konsular bagi Warga Indonesia

​Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Albania, Macedonia
Jalan Yosef Valdhard no. 5 (Simeonovsko Shosse) 1700 Sofia, Bulgaria.
Telp. +359 2 9625240
Hotline (24 jam): +359 876445416    

Email: kbrisofia@indonesia.bg; protkons@indonesia.bg.

Kementerian Luar Negeri Indonesia telah membuat aplikasi berupa 'Safe Travel' yang dapat di-download di ponsel pintar anda. Aplikasi tersebut memberikan informasi-informasi yang anda butuhkan terkait negara yang akan Anda kunjungi.