Informasi umum tentang Albania

​​

Perjalanan ke Albania

Albania adalah adalah satu-satunya negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam di Eropa yang beribu kota di Tirana. Negara berbentuk Republik Parlementer tersebut merupakan negara di Eropa Tenggara, di barat semenanjung Balkan. Hampir 60% penduduk Albania adalah Muslim, 17% Kristen, dan sisanya adalah atheis atau beragama lain.

Indonesia sudah memiliki hubungan dengan Albania yang ditandai dengan adanya perwakilan pemerintah Indonesia untuk Republik Albania yang bertempat di Sofia, Bulgaria. Sekarang ini, Albania dipimpin oleh Presiden Ilir Meta dan Perdana Menteri Edi Rama

Secara geografis terletak di 41˚20 LU dan 19 ˚BT, Albania terletak hampir ditengah-tengah antara garis Khatulistiwa dan Kutub Utara, dan Albania memiliki luas wilayah 28.748 Km2. Panjang keseluruhan batas wilayah Republik Albania adalah 1094 Km dimana 657 Km adalah batas daratan, 316 Km panjang batas laut, 48 Km panjang batas sungai, dan 73 Km batas danau. Di sebelah utara Albania berbatasan langsung dengan Montenegro, di timur laut Albania berbatasan dengan Kosovo, disebelah timur dengan Makedonia, dan di selatan berbatasan dengan Yunani sedangkan disebalah barat Albania terdapat laut Adriatik dan Ionian.

Berwisata ke Albania sangatlah menarik karena alamnya yang masih terjaga dan indah. Selain itu Albania juga memiliki peninggalan bangunan-bangunan bergaya Ottoman. Ada beberapa kota yang sebaiknya dikunjungi jika berlibur di Albania serperti kota Tirana, Berat, Gjirokastra, Shkodra.  

Estimasi rata-rata biaya hidup sehari-hari di Albania:

  • Murah              : Dorm bed : €15–20 (sekitar Rp 300.000); Cheap meal: €6–9 (Sekitar Rp 130.000) ; Intercity furgon (minibus) ride: €2–7 (Sekitar 79.000)
  • Sedang            : Double room in midrange hotel: €40–60 (sekitar Rp 800.000); Lunch and dinner in local restaurants: €10–15 (Sekitar Rp 210.000); Short taxi trip: €5–10 (Sekitar Rp 130.000)
  • Mahal              : Double room in top-end hotel: €60–80 (Sekitar Rp 1.200.000);

Makan malam in a leading Tirana restaurant: €15–30 (Sekitar 400.000); Half-day city tour €20–30 (Sekitar 400.000); Car hire per day: €40–80 (Sekitar 1.200.000)

Info lebih lanjut, dapat menggunjungi laman web: www.lonelyplanet.com

Mata Uang dan Alat Transaksi

Mata uang Albania adalah Albania Leke. Untuk uang koin disebut Qindarka dimana 100 qindarka = 1 leke tetapi untuk saat ini Qindarka sudah tidak dikeluarkan lagi oleh pemerintah. Kartu kredit baik Visa maupun Mastercard biasanya diterima di sebagian besar bank, supermarket besar dan hotel internasional. Toko kecil dan Taksi umumnya hanya menerima uang tunai.

Untuk 1 Albania Leke = ± 120 Rupiah

Untuk 1 Euro = ± 133 Leke

Untuk 1 US Dollar = ± 120 Leke

Syarat Keimigrasian

WNI wajib mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Albania sesuai dengan keperuan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan setelah jadwal kepulangan Anda. WNI pemegang visa Schengen dengan multiple entry tipe C dan D tidak memerlukan visa Albania. Anda dapat masuk dan tinggal selama masa berlaku visa Schengen Anda, namun sebelumnya harus digunakan untuk masuk ke negara Schengen terlebih dahulu.

Bagi WNI yang akan mengajukan permohonan visa AlbaniA, informasi lebih lanjut dapat melihat laman Kedutaan Besar Albania di China yaitu http://www.ambasadat.gov.al/china/en/embassy-services

Alamat: Guang Hua Lu, 28, Beijing China

Tel. +8610 65321120

Fax.+8610 65325451

Email : embassy.beijing@mfa.gov.al

Zona dan Perbedaan Waktu

Ketika di musim panas, selisih waktu antara Indonesia bagian barat dengan Albania adalah 5 jam (GMT+2) dimana waktu Indonesia bagian barat lebih dulu daripada Albania. Akan tetapi ketika di musim dingin sekitar bulan november sampai bulan maret berubah menjadi GMT+1.

​Jenis Soket dan Colokan Listrik

Tipe C dan F 


 

Tirana City Tour

Bagi anda yang ingin berwisata keliling kota Tirana, terdapat jasa Tirana Free Walking Tour yang bisa anda gunakan untuk melihat keindahan isi kota. Biasanya akan ada pertemuan terlebih dahulu di depan gedung Opera House of Tirana setelah anda melakukan pemesanan. Tirana Tour dimulai pukul 10.00 setiap hari tetapi untuk di bulan juni hingga september dimulai pukul 18.00 selama 2 jam. Sudah banyak wisatawan yang menggunakan jasa ini dan mereka hanya memberikan uang secara sukarela. Selain di kota Tirana, jasa ini ada di kota Kruja, Berati, Durresi, dan Shkodra. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi laman www.tiranafreetour.com

 

Kegiatan free walking tour di Tirana / Sumber Gambar : tripadvisor.com

Telokomunikasi dan Koneksi Internet

Koneksi internet di Albania lebih susah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya bahkan negara Balkan lainnya. Tidak banyak tempat seperti cafe dan tempat penginapan yang menyediakan koneksi internet. Lebih baik anda membeli sim card untuk berjaga-jaga saat Anda berpergian.

​Transportasi

Terdapat bus yang menghubungkan kota besar lainnya di Albania. Di kota Tirana pun juga terdapat bus tetapi hanya di jalan-jalan besar. Anda juga bisa menggunakan taksi di Albania, untuk lebih jelasnya bisa membuka laman merrtaxi.com. Untuk bus, Anda bisa membuka laman bus ww8.tiranabuses.com. Ada juga furgons namanya yaitu semacam angkot yang beropersi secara independen tanpa ada jadwal keberangkatan secara teratur tetapi bisa menembus daerah yang tidak bisa ditembus angkutan resmi publik. Anda sebaiknya menulis di kertas alamat yang Anda tuju untuk diberikan kepada sopir karena mereka hampir semuanya tidak bisa berbahasa Inggris.

 

Furgon di Albania / Sumber Gambar : http://www.hammeronpress.net

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Albania:

1. Dajti Express, Tirana

Sumber gambar : ​​www.tripadvisor.co.nz​


2. Skanderbeg Square, Tirana
Sumber gambar : www.lonelyplanet.com
3. Llogara Pass, Saranda


Sumber Gambar : roadstodrive.com

4. Et'hem Bey Mosque, Tirana


Sumber ​Gambar : tripadvisor.com

5. Castle and Old Baazar, GjirokastraSumber Gambar : www.culturaltoursalbania.com

6. Berat Castle and Old Town, Berat

Sumber Gambar : albania.al​

​​7.   Theth National Park, Theth
Sumber Gambar: /thethi-guide.com
8. Vlore Beach, Vlore
Sumber Gambar: ​http://albania.al/destination/19/vlora/

 

Ketika berlibur ke Albania sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa kosakata bahasa Albania karena hanya beberapa orang yang mengerti bahasa inggris.

Pemesanan tempat menginap dapat dilakukan melalui www.booking.com yang dapat dilakukan dengan alternative diantaranya tanpa uang DP. Smentara itu informasi lebih detail tentang transportasi dan makanan dapat dilihat di www.inyourpocket.com untuk. Di ibukota Albania, kota Tirana, terdapat Tirana Tourist Information Centre yang akan mempermudah anda untuk bertanya apapun tentang kegiatan liburan Anda di Tirana.

Keamanan Berliburan

A.    Tingkat Keamanan: Wajar

B.     Terorisme: Anda dihimbau untuk tetap waspada menyusul banyaknya serangan terorisme di Eropa.

C.     Kriminalitas
Waspadalah terhadap aksi penjambretan dan pencopetan, termasuk di kendaraan umum. Anda juga perlu waspada terhadap bentrokan antara polisi dengan petani-petani mariyuana bersenjata di Distrik Tropoje dan Bajram Curri yang dilaporkan terjadi sejak tahun 2012.

D.    Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik
Demonstrasi dapat terjadi dengan sedikit atau tanpa peringatan, dan meskipun umumnya demonstrasi dilakukan secara damai, demonstrasi semacam ini dapat berkembang menjadi aksi kekerasan yang meluas. Di tahun 2011, demonstrasi di Tirana mengakibatkan tiga pengunjuk rasa tewas, dan banyak lainnya terluka. Di bulan Februari 2015, 2 bom meledak di Tirana, sementara bom ketiga ditemukan di terminal bus. Tidak ada korban luka dalam ledakan yang dilaporkan dilakukan atas motivasi politik tersebut. Anda dihimbau untuk menghindari semua aksi protes dan demonstrasi.

E.     Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim
Apabila terjadi bencana alam, ikuti himbauan dan instruksi otoritas setempat

F.      Hal lain yang perlu diketahui oleh WNI

Anda juga perlu berhati-hati ketika mengunjungi atau mendaki daerah perbatasan timur lau Albania. Jangan memasuki lokasi-lokasi yang terindikasi masih memiliki ranjau darat atau peledak atif. Jika anda merasa ragu, mintalah informasi dari aparat setempat.

Hukum

A.    Tindak Pidana

Setiap orang yang berada diwilayah Republik Albania, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan perturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditaham oleh otoritas setempat.

B.     Penangkapan dan penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat lainnya, agar segera memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untu tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C.     Hal-hal lain yang perlu diketahui oleh WNI

Di Albania, anda tidak diperbolehkan mangambil foto instalasi atau personel militer

Kesehatan

Wabah penyakit yang menyebar melalui air, makanan, serta penyakit menular lainnya (termasuk hepatitis, campak, dan TBC) banyak ditemukan dari waktu ke waktu. Dihimbau untuk menghindari makan makanan mentah atau kurang matang. Hindari pula produk-produk susu-susu yang tidak dipasteurisasi.

Berikut daftar nomor yang wajib ada di HP anda supaya anda mendapat perlindungan ketika berkunjung di Albania:

  1. 112 – SOS
  2. 129 – Kepolisian
  3. 126 – Polisi lalu lintas
  4. 127 – Ambulans
  5. 128 – Pemadam kebakaran
  6. 125 – SOS di daerah laut/pantai
  7. Layanan Konsular bagi Warga Indonesia

    Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Albania, Makedonia
    Jalan Yosef Valdhard no. 5 (Simeonovsko Shosse) 1700 Sofia, Bulgaria.
    Telp. +359 2 9625240
    Hotline (24 jam): +359 876445416    
    Email: kbrisofia@indonesia.bg; protkons@indonesia.bg

Kementerian Luar Negeri Indonesia telah membuat aplikasi berupa 'Safe Travel' yang dapat di-download di ponsel pintar Anda. Aplikasi tersebut memberikan informasi-informasi yang anda butuhkan terkait negara yang akan Anda kunjungi.

​