Tertarik dengan Wayang, New Bulgarian University Bulgaria ajukan Kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret Solo

“Amazing….!!”, komentar Prof. Viharova  yang disampaikan berkali-kali ketika menyaksikan pentas Wayang yang dibawakan Ki Dalang Prof. Andrik Purwasito di teater New Bulgarian University (NBU), Sofia pada tanggal 1 Desember 2015. Seusai pentas, yang bersangkutan langsung menemui Prof. Andrik dan menyerahkan draft kerjasama antara NBU  dengan Universitas Sebelas Maret Solo (UNS). Dijelaskan pula bahwa Departemen Teater NBU  berencana untuk membuka program Asian Theater.  Professor Vazkresia Viharova adalah Direktur Departemen Teater New Bulgarian University, sementara Professor Andrik adalah Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret Solo yang mengembangkan diplomasi budaya melalui seni Wayang dan Batik serta seni tradisional lainnya.
Dalam pementasnya yang mengusung Lakon Arjuna Wiwaha, Professor Andrik menjelaskan bahwa “Alat yang ampuh untuk perang melawan teroris bukan senjata modern ataupun nuklir tetapi hati nurani dan kasih sayang”. Professor menjelaskan bagaimana Arjuna memberantas terorisme pada episode pertama pentas wayang yang bertema “Perang melawan terorisme”.  Episode kedua diisi dengan cerita kehidupan sehari-hari melalui dagelan Punakawan yaitu Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong yang mendapatkan sambutan meriah dari penonton karena kejenakaannya. Pentas wayang diakhiri dengan episode klimak dan anti klimak yang menggambarkan penghargaan kepada Arjuna yang telah memenangkan perang melawan terorisme dengan pemberian gelar Arjuna Wiwaha.
Selama pertunjukkan berlangsung nampak keseriusan penonton menyaksikan Ki Dalang memainkan dan memerankan tokoh-tokoh wayang dengan lincah, khususnya pada bagian  “peperangan”.  Veselina, salah satu mahasiswa NBU menyatakan bahwa wayang merupakan sesuatu yang baru bagi para mahasiswa dan membuat mereka ingin mempelajari lebih dalam tentang wayang. Ditambahkannya bahwa bentuk pentas seperti yang ditampilkan Prof. Andrik juga sangat menarik karena berbeda dengan pertunjukkan boneka pada umumnya yang selama ini mereka kenal. Veselina sendiri menyatakan sangat menyukai karakter tokoh Arjuna dan Sembadra. Sementara itu,   mahasiswa lainnya menyatakan bahwa daya tarik wayang tidak saja pada bentuknya yang indah,  tetapi juga filosofi yang tinggi yang terkandung pada cerita wayang. 
Sebelum pentas, Ki Dalang telah pula memberikan presentasi singkat wayang dan workshop. Dijelaskan oleh Ki Dalang bagaimana menjadi seorang dalang dan mempersiapkan diri untuk pentas. Penonton juga diajak untuk bermeditasi bersama sebagai salah satu cara Dalang  menjaga stamina mengingat pentas wayang biasanya berlangsung hingga 8 jam.
Di akhir pentas, Ki Dalang menjelaskan  kepada penonton bahwa Wayang tidak hanya berfungsi sebagai  media hiburan bagi rakyat tetapi juga media yang mengajarkan  falsafah kehidupan yang baik dan mulia. Pementasan Wayang dihadiri oleh mahasiswa peminat seni khususnya Seni Teather dan sejumlah dosen. 
New Bulgarian University adalah salah satu Universitas swasta papan atas dan terbesar di Bulgaria dengan jumlah mahasiswa sekitar 7000 orang.  Menurut  Webometrics Ranking of World Universities, NBU menduduki posisi nomer 3 universitas terbaik di Bulgaria setelah Sofia University dan Plovdiv University.