Surabaya Jalin Kerjasama Sister City dengan Varna, Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Untuk pertama kalinya kota Surabaya menjalin kerjasama Sister City dengan salah satu kota di Eropa Timur, yakni Kota Varna, Bulgaria. Hal ini terwujud melalui penandatangan Letter of Intent (LoI) between the Government of the City of Surabaya, East Java Province of the Republic of Indonesia, and the City of Varna, Republic of Bulgaria, Concerning Establishment of a Sister City Cooperation oleh Walikota Surabaya Bapak Bambang Dwi Hartono dan Walikota Varna Mr. Kiril Yordanov, tanggal 24 November 2009. Walikota Surabaya dan Delegasi Pemkot Surabaya berkunjung ke Kota Varna tanggal 23-25 November 2009.

 

Penandatanganan disaksikan oleh Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang dan 3 anggota Delegasi Pemkot Surabaya, yakni Muhlas Udin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan; Ikhsan, Kabadan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana serta Antiek Sugiarti, Kabag Kerjasama. Dari pihak Kantor Walikota Varna disaksikan oleh 3 Wakil Walikota yaitu Hristo Bozov (bidang kerjasama internasional), Kosta Bazitor (bidang pendidikan dan kebudayaan) dan Venelin Jechev (bidang pembangunan kota dan lingkungan hidup); Rumen Serafimov, Direktur Kebudayaan; Krassimir Simov, anggota Municipal Council (parlemen daerah).

 

LoI bertujuan untuk meningkatkan itikad baik dan persahabatan serta rasa pengertian dan kerjasama saling menguntungkan diantara masyarakat kedua kota. LoI juga merupakan ungkapan keinginan kedua Walikota untuk membentuk kerjasama sister city guna mendorong peningkatan kerjasama, khususnya di bidang-bidang: ekonomi, industri dan perdagangan; pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi; transportasi; kesehatan dan rumah sakit; kebudayaan, kesenian, dan pariwisata.

 

Kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti dan dituangkan secara rinci dalam suatu Nota Kesepahaman (MOU) yang rencananya akan ditandatangani oleh kedua Walikota saat kunjungan balasan Walikota Varna ke Surabaya pada akhir April atau awal Mei 2010.

 

Dubes Inkiriwang dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa penandatangan LoI merupakan salah satu momentum bersejarah dalam 53 tahun hubungan bilateral kedua negara. Selain itu, penandatanganan LoI juga merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya lebih meningkatkan kerjasama kedua negara setelah ditandatanganinya Agreement on Economic Cooperation between the Government of the Republic of Bulgaria and the Government of the Republic of Indonesia dan Agreement between the Government of the Republic of Bulgaria and the Government of the Republic of Indonesia on Visa Exemption for Holders of Diplomatic and Service Passports pada kesempatan Forum Konsultasi Bilateral ke-3 antara Indonesia dan Bulgaria di Lombok tanggal 19 November 2009.

 

Usai acara penandatanganan, Walikota Surabaya dan Delegasi melakukan pertemuan dengan Rektor Varna Medical University, Prof. Paraskev Stoyanov, dan Rektor Varna Free University, Prof. Dr. Anna Nedialkova. Pada keesokan harinya, Walikota Surabaya melakukan pertemuan dengan Direktur Eksekutif Pelabuhan Laut Internasional Varna, Mr. Danail Papazov dan sekaligus melakukan peninjauan fasilitas yang dimiliki pelabuhan tersebut. Ketiga pertemuan tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi kerjasama sister city kedua kota yang akan dituangkan dalam MOU.

 

Kedua kota tersebut merupakan kota bisnis dan kota pelabuhan kedua terbesar di negaranya masing-masing, Surabaya di Indonesia dan Varna di Bulgaria. Penandatanganan LoI tersebut akan membuka jalan terbentuknya kerjasama sister city untuk yang pertama kalinya bagi Surabaya dengan salah satu kota di Eropa Timur dan bagi Varna dengan salah satu kota di Asia.

 

Surabaya sebelumnya telah memiliki kerjasama sister city dengan Kota Seattle (AS); Busan (Korsel); Guangzhou (China); Xiamen (China); Kochi (Jepang). Sedangkan Kota Varna memiliki kerjasama sister city dengan Kota Aalborg (Denmark); Dordrecht (Belanda), Kharkiv (Ukraina) ; Odessa (Ukraina); Malmö (Swedia); Turku (Finlandia) ; Miami (AS) ; Rostock (Jerman) ; Novorossiysk (Rusia); Pireus (Yunani); Medellín (Kolombia); Memphis (AS); Amsterdam (Belanda); Washington (Inggris); Karlsruhe (Jerman); Boston (AS) ; Wels (Austria); Vysoké Mýto (Ceko); Genoa (Italia); Lyon (Perancis); St. Petersburg (Rusia) ; Szeged (Hongaria).

 

Kota Varna merupakan kota terbesar Bulgaria di wilayah tepi Laut Hitam serta merupakan kota ketiga terbesar di Bulgaria dengan penduduk 355.450 jiwa. Terkenal sebagai kota bisnis dengan memiliki pelabuhan laut internasional Varna yang modern dan Varna International Airport. Varna juga merupakan pusat budaya dan pariwisata di wilayah Tepi Laut Hitam sehingga dijuluki “ibukota musim panas Bulgaria”. Kota Varna dan Surabaya selain memiliki kesamaan sebagai kota pelabuhan dan kota bisnis yang sibuk, juga memiliki universitas kedokteran dan merupakan tempat markas AL dan Akademi Militer AL (Sumber : KBRI Sofia).