Stara Zagora kota pertama dalam safari seni budaya “Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatera”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Gedung Drama Theatre di Kota Stara Zagora pada 11 Mei 2010 penuh sesak dipadati 200 lebih undangan dan pengunjung yang sangat mengagumi setiap tarian dan lagu yang sangat dinamis dengan selalu bertepuk tangan mengikuti alunan musik yang dimainkan oleh Tim Kesenian Cindai dari Sumut yang berkolaborasi dengan grup kesenian KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara. Stara Zagora adalah kota pertama dalam Safari Seni Budaya Sumut yang bertajuk “Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatera”. Hadir dalam malam pertunjukan Dubes RI dan Ibu Fely Rose Inkiriwang, Wakil Walikota Stara Zagora, Boyan Daskalov, Delegasi Pemprov Sumut yang dipimpin Kepala BPM Sumut, Salman Ginting. Pada akhir acara, sebagai tanda penghargaan dan persahabatan, Ketua Delegasi Sumut mengalungkan ulos kepada Wakil Walikota Daskalov.

 

Dalam sambutan singkatnya, Dubes RI mengatakan bahwa melalui pementasan seni budaya Sumut diharapkan dapat lebih mendekatkan dan meningkatkan hubungan Indonesia dan Bulgaria, serta lebih mengenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia yang beragam kepada masyarakat Bulgaria. Melalui promosi ini diharapkan masyarakat, selain melakukan wisata juga memanfaatkannya untuk melihat peluang bisnis, terutama membeli produk-produk dan melakukan investasi di Indonesia. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Dubes RI untuk mengundang hadirin memilih Taman Nasional Pulau Komodo dalam final pemilihan New 7 Wonders of Nature karena Dubes RI sendiri telah memilih Belogradchik Rocks yang dicalonkan Bulgaria namun disayangkan tidak masuk final. Wakil Walikota Daskalov, atas nama seluruh warga kota, menyampaikan terima kasih karena warga kota Stara Zagora berkesempatan menikmati pertunjukan seni budaya “eksotik” dari negeri yang sangat jauh dalam rangka untuk lebih mendekatkan hubungan kedua bangsa. Menurut Daskalov, pertunjukan seni budaya ini dapat menjadi langkah awal untuk lebih meningkatkan kerjasama di bidang lainnya, seperti di ekonomi perdagangan dan investasi, pendidikan, dan lain-lain.

 

Pementasan “Splendor of Indonesia : Dances and Songs from North Sumatera” merupakan hasil tindak lanjut pertemuan Dubes RI dengan Walikota Stara Zagora, Desember 2008, yang menyepakati beberapa kerjasama antara KBRI dan Municipality Stara Zagora. Kerjasama pertama yang dilakukan adalah menyelenggarakan seminar bisnis dengan Kadin dan masyarakat pebisnis Stara Zagora, dimana Dubes RI sendiri meyampaikan paparannya yang bertema “business opportunity in Indonesia” pada Mei 2009. Stara Zagora terkenal dengan Universitas Pertanian “Trakia” dan mengharapkan adanya kerjasama dengan universitas pertanian di Indonesia.

 

Pementasan “Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatera” akan dilanjutkan di Kota Plovdiv dan Kota Ruse (sumber: KBRI Sofia).

 

Keterangan Foto:

Wakil Walikota Stara Zagora Boyan Daskalov menerima ulos dan plakat tanda penghargaan dari Ketua Delegasi Sumut, Salman Ginting