Stand Indonesia kembali menjadi primadona International Women’s Club Charity Bazaar 2009 di Sofia, Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Warga kota Sofia ramai memadati stand Indonesia yang kembali menjadi primadona pada International Women’s Club Charity Bazaar di gedung Sofia Inter Expo Centre, hari Minggu 6 Desember 2009.

 

Indonesia diwakili oleh KBRI Sofia dan diselenggarakan bekerjasama dengan Darma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Sofia. Stand Indonesia yang dihias dengan dekorasi khas Indonesia yang indah, antara lain dengan kain merah-putih, kain-kain tradisional, payung Bali, poster-poster pariwisata Indonesia dan lain-lain tampak cukup mencolok di antara stand-stand negara lain dan menarik perhatian para pengunjung. Suasana Indonesia juga didukung oleh pemutaran musik tradisional seperti Gamelan dan Angklung. Berbagai media massa Bulgaria, antara lain Bulgarian National TV, Pro BG TV, Bulgarian National Radio, turut meliput ramainya suasana di stand Indonesia.

 

Ibu-ibu DWP KBRI Sofia yang dipimpin ketuanya, Ibu Fely Rose Inkiriwang, dan staf KBRI dengan giat dan penuh keramahan terus meladeni para pengunjung yang memadati stand Indonesia sejak dimulainya bazaar. Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang,-pun ikut turun tangan meladeni para pengunjung yang antusias membeli baik makanan maupun produk Indonesia. Di stand Indonesia dijajakan 7 macam makanan khas Indonesia, yaitu nasi goreng, mie goreng, sate ayam, lumpia, risoles, dadar gulung dan kue lumpur yang laris terjual habis kepada para pengunjung beberapa jam sebelum bazaar berakhir walau di tahun ini makanan khas Indonesia yang dijajakan berjumlah 2 kali lebih banyak dibandingkan di tahun 2008.  Selain itu juga dijajakan beberapa barang khas Indonesia seperti produk-produk bermotif batik (antara lain baju pria dan wanita, celana dan rok, scarf, sarung, dompet) dan berbagai kerajinan tangan (tas, bros, tempat pensil, tempat tissue, hiasan bercorak wayang dan lain-lain) yang juga terjual dengan laris dan diminati para pengunjung hingga bazaar ditutup.

 

Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, grup tari binaan KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara (PMN) tampil menghibur para pengunjung pada acara pembukaan dengan membawakan Tari Yapong dan Bajidor Kahot. Setelah pertunjukan kesenian, Ketua IWC, Mrs. Stephanie Congost membacakan sambutan singkat dan membuka bazaar ini. Hadir pula Ketua Parlemen Bulgaria, Tsetska Tsacheva, sebagai special guest pada pembukaan bazaar tersebut.

 

Bazaar amal tahunan ini diselenggarakan oleh International Women’s Club Sofia dan kali ini diikuti oleh 51 peserta termasuk dari 26 kedutaan negara-negara sahabat di Sofia. Partisipasi KBRI dalam bazaar ini kembali mendapatkan penghargaan dari pihak penyelenggara, International Women’s Club (IWC) Sofia, karena turut memeriahkan bazaar di tahun ini (Sumber KBRI Sofia).