Sofia University di Bulgaria menyambut baik kunjungan Delegasi SSLN PPRA XLIV Lemhannas RI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Setelah berkunjung ke tiga kementerian di Bulgaria (Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kebudayaan) sehari sebelumnya, pada tanggal 22 Juni 2010, 31 delegasi Studi Strategi Luar Negeri Program Pendidikan Reguler Angkatan (SSLN PPRA) XLIV Lemhannas RI Tahun 2010 yang diketuai Laksamana Muda Chairul Huda, serta dipimpin oleh Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, berkunjung ke Sofia University, universitas tertua dan terbesar di Bulgaria, dan diterima oleh Rektor Sofia University, Prof. Dr. Ivan Ilchev.

 

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ilchev menyambut baik kehadiran delegasi Lemhannas RI tersebut dan kemukakan bahwa dirinya sebagai seorang sejarahwan sangat tertarik dengan kekayaan sejarah Indonesia terutama kerajaan-kerajaan besar di nusantara seperti Majapahit dan Sriwijaya. Ditambahkan bahwa Sofia University telah membuka kelas bahasa Indonesia dan diharapkan dapat masuk dalam kurikulum ditahun mendatang. Prof. Ilchev menyampaikan bahwa pihaknya tertarik untuk bekerjasama dengan universitas di Indonesia.

 

Setelah mengenalkan delegasi SSLN PPRA XLIV Lemhannas RI kepada Rektor Ilchev, Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia memberikan arti penting pada pendidikan dan tema dari kunjungan Lemhannas RI dimaksud adalah ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Disampaikan pula harapan kiranya rancangan Memorandum of Understanding kerjasama antara Universitas Indonesia dan Sofia University dapat ditandatangani tahun ini.

 

Setelah mendengarkan paparan lebih lanjut mengenai Sofia University oleh staf universitas bagian public relations, dalam sesi tanya-jawab para peserta SSLN PPRA XLIV Lemhannas RI mengajukan beberapa pertanyaan terutama mengenai penelitian di bidang IPTEK serta mengenai Nanotechnology Centre dan super computer tercanggih di kawasan Balkan yang dioperasikan Sofia University sejak 2009 bekerjasama dengan IBM (sumber: KBRI Sofia).

 

* * *